alat musik tradisional indonesia

Musik merupakan sebuah hiburan yang dicintai banyak orang. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan untuk mengakses musik seperti youtube dan platform musik lainnya.

Meski perkembangan musik semakin scepat, faktanya alat musik tradisional tidak hilang ditelan masa dan masih banyak masyarakat yang menggemarinya. Bahkan beberapa dari alat musik tradisional Indonesia sudah terkenal dikancah dunia.

Indonesia memiliki banyak sekali alat musik tradisional, hal itu tidak lepas dari kekayaan budaya masyarakatnya. Ada berbagai jenis alat musik yang bisa anda temukan.

Berikut kami rangkum dalam artikel ini.

1. Angklung

Alat musik yang pertama adalah angklung. Alat musik ini berasal dari jawa barat. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan menggerakan tangan kita. Faktanya alat musik ini sudah terkenal di berbagai Negara, sehingga banyak warga asing yang tertarik dengan alat musik yang satu ini.

Meskipun berasal dari jawa barat, ternyata ada juga jenis angklung lainnya, seperti angklung Banyuwangi, Angklung Bali, Angklung Gubrak dan angklung lainnya.

2. Gamelan

Alat musik gamelan berasal dari jawa tengah. Cara menggunakan alat musik ini ialah dengan cara dipukul. Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya seperti kendang, rebab, saron dan lain-lain.

3. Sasando

Sasando adalah salah satu alat musik yang cara memainkannya yaitu dengan di petik, seperti gitar. Alat musik tradisional yang bernama sasando ini berasal dari pulau rote, yaitu Nusa Tenggara Timur.

Di Indonesia sendiri, alat musik ini bisa dibilang cukup langka. Ditambah lagi mulai menurunnya minat anak muda terhadap alat musik yang satu ini.

4. Kolintang

Kolintang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari minahasa, Sulawesi Utara. Prestasi dari alat musik ini yaitu pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 silam.

5. Serune Kalee

Alat musik in imerupakan alat musik tradisional yang berasal dari Aceh. Alat musik ini sudah lama dan berkembang di daerah Aceh.

Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik rapai dan gendrang.

Bahan dasar dari alat musik serune kale yaitu kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk dari alat musik ini yaitu menyerupai alat musik seruling bambu.

6. Slenthem

Slentem adalah alat musik yang berasal dari jawa tengah. Cara memainkan alat musik ini yaitu seperti gong yang dipukul dengan alat pemukul yang sudah dibuat khusus.

7. Kecapi

Alat musik yang satu ini merupakan alat musik yang berasal dari daerah jawa barat. Untuk cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik, sehingga mengeluarkan suara yang berirama.

8. Kendang

Sama halnya dengan alat musik kecapi, alat musik ini berasal dari daerah jawa barat yang biasa dimainkan oleh orang-orang sunda.

Cara memainkan alat musik ini ialah dengan cara dipukul. Biasanya alat musik ini dimainkan sebagai pengiring berbagai acara seperti, tarian tradisional,upacara adat dan lain-lain.

9. Kompang

Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul, karena alat musik ini seperti bedug yang terbuat dari bahan kulit kambing atau kulit sapi.

Alat musik kompang berasal dari daerah lampung, dan biasanya alat musik yang satu ini dimainkan sebagai pengiring acara adat yang ada di Lampung.

Itulah ulasan tentang alat musik tradisional Indonesia yang sudah terkenal di kancah dunia. Jika anda ingin mencari informasi tentang alat musik tradisional Indonesia lainnya, anda bisa mengunjungi situs cakbagus.net. Karena dalam situs tersebut anda bisa menemukan alat musik tradisioanal yang ada di Indonesia beserta penjelasannya.

Semoga Bermanfaat.