Librarian Journal

Buku Harian Pustakawan

Tahun Baru, Revisi Program, ….. Staf Baru?

February6

Tahun baru tiba….seperti biasa program kerja direvisi menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan pemustaka (dan juga lembaga tentunya).

Ada yang membuat terhenyak di tahun baru ini (sebenarnya di setiap tahun baru sih heheh) ….perubahan susunan dan rolling staf kependidikan. Semua tiba-tiba, menerima surat Tugas dan harus siap.

Semua PNS memang harus siap ditempatkan di mana saja sesuai kehendak pimpinan. Namun khusus konteks perpustakaan…..prihatin dengan gaya komunikasi organisasi seperti ini. Hal ini karena perpustakaan itu memerlukan SDM khusus yang handal, memiliki skill spesifik, sehingga bila tiba-tiba dipindahkan (apalagi tanpa info sebelumnya), maka kacaulah sistem yang sudah dibangun di perpustakaan. Sistem terkait pemetaan SDM, jobdes dan layanan maksudnya. Koordinator perpustakaan harus melatih staf baru lagi….bukan tidak mau melatih…tapi perpustakaan memerlukan staf yang siap running. Kalau setiap awal tahun seperti itu kondisinya, maka perpustakaan akan kembali lagi dan kembali lagi…puter-puter di pembinaan SDM (padahal perpustakaan bukan divisi pembinaan SDM, ya?).

Hal ini adalah masalah besar di dunia perpustakaan yang sempat dikritisi oleh sejumlah pustakawan se-Indonesia pada tahun 2012-an.

(http://satunama.org/34/bahasa-petisi-hentikan-tradisi-kebijakan-penempatan-pegawai-bermasalah-di-perpustakaan/)

meskipun petisi tersebut dalam konteks perpustakaan sekolah, namun di lapangan, terjadi hampir di semua jenis perpustakaan, tak terkecuali perpustakaan perguruan tinggi. SDM yang dinilai tak cakap bekerja atau bermasalah, di”buang” ke perpustakaan. Jadilah perpustakaan itu tempat SDM buangan.

Bagaimana perpustakaan mau maju? Tanpa SDM bermasalah saja, PR di perpustakaan sebegitu banyaknya.

Bila ingin perpustakaan maju, modern, atau apalah sebutannya, maka keberadaan SDM yang handal di perpustakaan adalah suatu keniscayaan!

Salah satu staf Perpustakaan Fikom Unpad sedang bekerja. (Sbr. Dokumentasi FLKC, 2013)

posted under Pustakawan

Comments are closed.