Prosesor Anyar Snapdragon 845

Hasil gambar untuk kelebihan dari prosesor snapdragon

 

Qualcomm Snapdragon telah merilis sebanyak 4 generasi. Generasi pertama yang dirilis adalah Qualcomm Snapdragon S1, kemudian disusul dengan Qualcomm Snapdragon S2, yang ketiga Qualcomm Snapdragon S3 dan yang terakhir telah diperbaharui Qualcomm Snapdragon S4. Pada seri terbaru telah didukung dengan multi tasking dalam pemutaran vidio, games, dan browsing. Qualcomm memiliki jenis Snapdragon 200, 400, 600 dan 800, yang tentunnya memiliki keunggulan tersendiri.

Sejarah singkat dari Qualcomm Snapdragon yaitu, pada awalnya prosesor ini bernama Scorpion diliris pertama kali pada 2005. Kemudian diperbaharui pada 2006 dengan versi terbaru yang diberi nama Qualcomm Snapdragon. Sama seperti pada prosesor lainnya Qualcomm Snapdragon juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dan Kekurangan Qualcomm Snapdragon :

1. Kelebihan prosesor Qualcomm Snapdragon

Kualitas dari Qualcomm Snapdragon tentunya tidak diragukan lagi, karena prosesor ini merupakan salah satu prosesor yang terbaik dalam dunia komunikasi. Qualcomm Snapdragon juga telah memelopori gagasan teknologi yang terbaru pada tahun 2007, karena merupakan prosesor pertama yang memiliki clock speed 1 Ghz. Asumsi daya baterainya pun sangat sedikit, sehingga kinerja dari prosesor ini tidak diragukan lagi.

Kelebihan lain dari Qualcomm Snapdragon yaitu sudah sangat terpercaya kulitasnya, terbukti dengan banyaknya vendor yang mengusung prosesor ini, dan tak pernah ada yang dirugikan. Bahkan smartphone yang memiliki kelas teratas juga membekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon ini.

Selain itu, konektivitas yang dimiliki prosesor ini sangat tinggi, apalagi jika didukung dengan jaringan 4G, kekuatan konektivitas hingga 600 Mbps. Dalam segi visual telah didukung dengan GPU dan CPU yang menjadikan kinerja grafis yang unggul.

Layar pada smartphone Qualcomm Snapdragon sangat canggih, dengan adaptasi cahaya otomatis, maka saat penggunaan akan terasa nyaman. Tak luput dari kelebihan pada bagian Capture Sharper¸ Qualcomm Snapdragon telah menggunakan sinyal ISP dengan resolusi kualitas DSLR. Smart protect yang dimiliki prosesor ini dapat dijadikan sebagai alat penghubung media online secara cepat dengan berupa fitur smart switch dan smart protect.

Dengan adanya Quick Charge 3.0, pengisian daya akan sangat cepat, dengan pembuktian mengisi daya dari 0% hingga 80% hanya membutuhkan waktu 35 menit saja, tentu saja hal ini menjadi bukti bahwa prosesor ini 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor lainnya

2. Kekurangan prosesor Qualcomm Snapdragon

Seperti halnya prosesor lain, kekurangan dari Qualcomm Snapdragon yaitu; sering mengalami Overheating yang cepat, jika digunakan pada keadaan berlebih. Kekurangan lain dari Qualcomm Snapdragon ada pada segi harga, karena harga yang ditawarkan oleh prosesor ini tergolong mahal. Namun demikian kemahalan ini hanya dirasa pada smartphone kelas menengah ke bawah, yang hanya mencoba penggunaan prosesor ini. Keluhan yang sering didapat dari produksi smartphone terhadap prosesor ini adalah sering mengalami panas yang berlebih jika penggunaan dalam waktu yang lama.

Dengan kualitas prosesor yang canggih, banyak smartphone yang menggunakan prosesor ini. Vendor-vendor terkenal bersaing ketat dengan mengusung prosesor jenis ini. Beberapa  smartphone yang menggunakan Qualcomm Snapdragon yaitu; Xiaomi, Samsung, Asus, Lenovo, Oppo, Polyton dan LG.

 

Memiliki Tingkat Keamanan Yang Tinggi

Dari sisi keamanan, Snapdragon 845 memperkenalkan subsistem yang terisolasi perangkat keras yang disebut secure processing unit (SPU) dan dirancang untuk menambahkan karakteristik serupa lemari besi ke lapisan solusi keamanan Qualcomm Technologies yang telah ada.

Hal itu memungkinkan keamanan biometrik lebih baik yang digunakan untuk proses otentikasi, serta pengelolaan data kunci pengguna atau aplikasi yang digunakan untuk mengenkripsi informasi penting.

Snapdragon 845 juga menghadirkan rangkaian teknologi nirkabel terdepan yang pernah ada di platform mobile, dengan fitur LTE, Wi-Fi, dan Bluetooth terdepan. Snapdragon 845 mengintegrasikan solusi Gigabit LTE generasi kedua dari Qualcomm Technologies – modem LTE Snapdragon X20.

Sementara itu, dari sisi keamanan, arsitektur pengolah kamera dan visual yang baru akan membantu Snapdragon 845 memberikan pengurangan daya hingga 30% untuk aplikasi perekaman video, game dan XR dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kinerja grafis dan efisiensi daya juga akan meningkat hingga 30% karena Adreno 630 yang baru. Adapun, arsitektur Kryo 385 yang baru, yang dibangun di atas teknologi Arm® Cortex™, akan menghasilkan peningkatan kinerja 25% saat digunakan untuk bermain game, waktu peluncuran aplikasi, dan performa aplikasi intensif dibandingkan dengan generasi sebelumnya.


Leave a Reply