Skip to content


Memperbaharui (upgrade) WordPress melalui program FTP

Untuk mengupgrade secara manual, yang pertama dan yang sangat penting harus kita lakukan adalah mem-backup database, klik link berikut tentang bagaimana cara untuk membackup database menggunakan phpMyAdmin.

Kemudian kita Download WordPress versi terbaru, setelah download selesai dengan menggunakan Winrar atau Winzip ekstrak file tersebut di komputer.

Selanjutnya kita login ke blog kita, kemudian masuk ke menu plugins dan nonaktifkan (deactivate) semua plugin yang sedang aktif dan mengganti templatenya ke WordPress Default.

Sekarang kita buka program FTP, hubungkan ke server kemudian di root wordpress, hapus folder “wp-includes” dan “wp-admin” kemudian pada lokal view tujukan ke folder wordpress yang telah kita ekstrak sebelumnya dan upload semua file yang berada di folder wordpress tersebut kecuali folder “wp-content.”

Setelah upload selesai kita test blog kita dari browser dan masuk ke site admin maka kita akan disuruh untuk login kembali jika kita sedang login sebelumnya, atau jika tidak anda harus klik login. Secara otomatis wordpress akan membaca perubahan dan menampilkan jendela bahwa wordpress perlu memperbaharui (upgrade) database kita.

Ikuti langkah-langkah upgrade yang disajikan pada layar monitor kita. Maka jika segalanya berjalan dengan lancar maka akan ditampilkan jendala konfirmasi bahwa upgrade telah berhasil dengan baik.

Selanjutnya anda sudah bisa mengubah template dan mengaktifkan plugin favourite anda satu persatu.

Credit : Masim man
Grabbed from : http://wordpress.htmlcssguides.com/memperbaharui-mengupgrade-blog-wordpress-dengan-fantastico-dan-ftp

Posted in Tips.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.