Proses Pembuatan Teh Botol Sosro

http://www.youtube.com/watch?v=nIy4yEZ9hZw

Indonesia memiliki kekayaan alam luar biasa yang telah menghidupi jutaan jiwa masyarakat sejak berabad-abad silam. Bahkan karena begitu suburnya, kekayaan Indonesia ini diabadikan band legendaris Koes Plus di dalam salah satu lirik lagunya yang berbunyi, “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman ”.

Tak mengherankan jika hasil alam Indonesia selalu menjadi primadona kelas dunia, termasuk di dalam menghasilkan pucuk-pucuk daun teh berkualitas prima. Beranjak dari fenomena inilah PT. Gunung Slamat menciptakan produk asli Indonesia, teh Sosro Heritage, dan mempersembahkannya kepada bangsa. Teh Sosro Heritage ini dikemas dengan sentuhan pesona budaya tanah air, yaitu corak batik. Kemasan ini merupakan bentuk inovasi kemasan lama, yaitu Sosro Premium.

Kemasan dari Sosro Heritage mengangkat konsep ‘story telling’ packaging. Setiap sisi dari kemasan mempersembahkan cerita-cerita edukatif mengenai warisan budaya Indonesia. Konsep rejuvenation Sosro Heritage ini memberikan respon atas kebutuhan dan keinginan masyarakat dimana Sosro Heritage bukan hanya sekadar teh premium, tetapi juga memberikan nilai-nilai edukasi untuk memperkaya pengetahuan tentang bangsa dan tanah air Indonesia sendiri.

Menurut Marketing Director PT. Gunung Slamat, Soehartono Gunawan, dengan kehadiran kemasan baru Sosro Heritage ini, diharapkan masyarakat bukan saja semakin mencintai produk asli Indonesia, tapi sekaligus bisa memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional. Pasalnya, wajah baru Sosro Heritage dapat menjadi alternatif pilihan oleh-oleh asli Indonesia ke mancanegara. Di sisi lain Soehartono juga menambahkan, diangkatnya keindahan budaya Indonesia sebagai tematik kemasan Sosro Heritage, juga dikarenakan memiliki esensi yang selaras dengan makna mengkonsumsi teh itu sendiri.

Menurut pemerhati kuliner, Bondan Winarno, wajah baru Sosro Heritage menarik dan classy. Di mata pendiri komunitas Jalan Sutera ini, memang sudah saatnya Indonesia menghadirkan teh dengan tampilan berkelas. Pasalnya kemasan yang baik akan membuat produk teh lebih dihargai. “Akan tetapi, citarasanya juga harus istimewa. Untuk Sosro Heritage, pantas disajikan untuk fine dining atau santapan yang lebih serius,” ujar Bondan.

Kehadiran kemasan baru Sosro Heritage juga dimaksudkan untuk mengajak bangsa Indonesia agar meningkatkan budaya minum teh, khususnya teh produksi lokal. Hal ini merespon fenomena yang terjadi bahwa tingkat konsumsi teh di Indonesia masih rendah, padahal Indonesia termasuk salah satu negara produsen teh terbesar di dunia. Kondisi ini sangat kontras dengan negara-negara produsen teh lain yang sudah menjadikan teh sebagai budaya masyarakat.

Disisi lain menurut Bondan merasa sangat prihatin karena kebanyakan rakyat Indonesia tidak punya pengetahuan yang baik tentang teh, “Contohnya, hanya berapa persen masyarakat yang tahu apa manfaat dari minum teh , Oleh karena itu Bondan berharap, para produsen teh menciptakan kondisi untuk membentuk apresiasi masyarakat terhadap teh lokal dan mendidik konsumen agar lebih memahami manfaat teh bagi kesehatan.dan masih banyak masyarakat kita yang kurang paham seninya minum teh kebanyakan orang kita jika minum teh pasti dicampur dengan gula yang banyak ini yang salah sebab meminum teh harus ada aturannya demi kesehatan,jelas Bondan

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create