Categories
KKNM-PPM UNPAD 2020

KKNM-PPM UNPAD 2020 di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari

Seperti yang kita ketahui bahwa Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk implementasi dari salah satu poin Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Di tahun 2020 ini Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak bisa dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Kegiatan KKNM-PPM dilakukan secara virtual atau daring. Ini disebabkan oleh pandemi covid-19 yang menyerang tatanan kehidupan di seluruh dunia. Dampak dari covid-19 ini begitu besar sehingga setiap negara menetapkan peraturan untuk membatasi berbagai aktivitas guna memutus rantai persebaran covid-19. Termasuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilakukan dengan metode daring menggunakan zoom meeting ataupun google meeting.Walaupun demikian diharapkan esensi dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini tidak berkurang dan tetap dapat bermanfaat bagi subjek Kegiatan.

Kegiatan pengabdian di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung dilakukan pada tanggal 1 juli 2020 hingga 30 juli 2020 dengan Tema “Pelatihan Analisis Keuangan Usaha Tani Untuk Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Kentang Di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung”. Tema tersebut di berkaitan dengan kurangnya pemahaman para pelaku usaha tani untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan kualitas usaha mereka.

Pencatatan dan analisis keuangan usaha tani dapat dilakukan dengan menggunakan microsoft excel ataupun aplikasi siapik. tetapi selain ini para pelaku usaha tani khususnya Kelompok Mekar Tani Desa Cibeureum sebagai subjek KKNM-PPM juga harus bisa menggunakan teknologi untuk pemasaran produk dan untuk menarik minat investor guna memajukan usahanya.

untuk menunjang tema tersebut kelompok kami membuat 3 topik yang berkaitan dengan tema, yaitu:
1. pelatihan pencatatan untuk materi publikasi hasil pencatatan keuangan, ini berguna untuk menarik minat dan menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat online yang melihat website ataupun media sosial untuk pemasaran hasil tani mereka.
2. analisis keuangan pembuatan pupuk kohe, ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi siapik, dimana kita dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar keuntungan di periode berikutnya lebih besar.
3. pemanfaatan media online dalam pemasaran hasil tani dan mengakses pembiayaan petani, pemanfaatan e commercial di era 4.0 ini merupakan suatu kewajiban bagi pelaku usaha. ini di karenakan teknologi yang semakin menguasai pasar. maka dari itu pelatihan penggunaan media online dalam kegiatan usaha adalah hal yang tidak boleh tertinggal.

Dengan tema dan topik-topik pelatihan yang telah kami berikan kepada subjek diharapkan dapat diaplikasikan dan bermanfaat untuk meningkatkan usaha subjek, dan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh subjek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *