Proker Terakhir: Penyuluhan Jamu Palsu

By | January 24, 2012

Program kerja kami yang terakhir adalah penyuluhan tentang jamu palsu. Program kerja ini merupakan program kerja yang diajukan oleh DPL kami, Bapak Richie. Beliau merupakan dosen di Fakultas Farmasi, jadi tentu saja beliau sudah ahli di bidang obat-obatan ini. Program kerja ini tidak hanya dikerjakan oleh kelompok KKNM Tambaksari, namun ini merupakan proker yang bekerja sama dengan kelompok KKNM Dungusiku yang juga bimbingan Bapak Richie.

Penyuluhan Jamu Palsu oleh Bapak Richie

Acara dimulai pukul 13.00. Maka dari itu di pagi harinya, kami dan kelompok KKNM Dungusiku mempersiapkan tempat acara. Tempat acaranya sendiri bukan di Desa Tambaksari, namun di gedung serba guna di sebelah kantor Desa Dungusiku. Kami membersihkan terlebih dahulu tempatnya dan mempersiapkan logistik seperti kursi dan sound system.

Read more »

Candi dan Situ Cangkuang

By | January 22, 2012

Di saat waktu luang tiba dimana kami kelompok peserta KKNM Tambaksari 2012 yang berjumlah 22 orang sudah menyelesaikan program kerja yang ditugaskan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berlibur ke situs peninggalan jaman purbakala yaitu Candi Cangkuang.

Kami pergi ke tempat objek wisata tersebut pada tanggal 22 Januari 2012. Lokasi objek wisata Candi Cangkuang cukup dekat dengan rumah yang kami tempati yang mana jarak dari rumah tempat tinggal kami sekitar 1 Km, sehingga dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Akan tetapi, disana terdapat banyak delman yang disediakan oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, kita dapat cepat sampai ke lokasi objek wisata Candi Cangkuang.

Di dalam kawasan objek wisata Candi Cangkuang, terdapat sebuah danau/situ yang mengitari pulau tempat Candi Cangkuang berada yang bernama Situ Cangkuang. Sehingga jika kita ingin mencapai candi, kita harus menyebrang dahulu menggunakan rakit.

Read more »

Serunya Lomba Cerdas Cermat Antar SD

By | January 21, 2012

Yak, dan akhirnya hari yang ditunggu-tunggu telah tiba! Hari ini kami telah bersiap-siap untuk mengadakan lomba cerdas cermat antara SDN Tambaksari I dan SDN Tambaksari II. Sejak pukul 09.00, aula Desa Tambaksari sudah dipenuhi oleh anak-anak SD yang bersiap-siap untuk mendukung sekolahnya masing-masing, padahal lomba baru akan dilaksanakan pukul 10.00. Karena penuhnya tempat, kami harus mengatur para penonton sehingga acara pun molor dan baru dimulai pukul 11.00.

Read more »

Mempersiapkan Lomba Cerdas Cermat

By | January 20, 2012

Setelah kurang lebih mengajar di SDN Tambaksari I dan II selama delapan hari, kami dan para siswa-siswi SD tidak sabar lagi untuk mengadakan lomba cerdas cermat. Lomba ini diadakan pada hari Sabtu, tepat setelah kegiatan mengajar di SD selesai yaitu pada hari Jumat.

Sosialisasi tentang akan diadakannya lomba telah kami sampaikan jauh-jauh hari agar para siswa yang akan menjadi peserta dapat bersiap-siap. Kami pun mempersiapkan materi soal yang akan diberikan dengan cara meminjam buku pelajaran dari guru-guru SD.

Read more »

Lebih Mengenal Undang-Undang Perkawinan

By | January 20, 2012

Salah satu program kerja yang akan kami laksanakan hari ini adalah talkshow mengenai Undang-Undang Perkawinan. Hal ini didasari atas kekhawatiran kami akan tidak tersosialisasikannya undang-undang ini, padahal legalitas dalam hal ini sangat penting untuk mengurus administrasi hal-hal lainnya.

Program kerja kami berbentuk talkshow agar interaksi antara mahasiswa dan warga lebih tercipta. Lagipula, kami sebagai mahasiswa KKNM tidak diberi wewenang untuk melakukan penyuluhan, karena wewenang tersebut berada di tangan DPL.

Read more »