Syarat dan Ketentuan

May 8th, 2014

Blog Universitas Padjadjaran adalah sebuah situs web yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai pengguna Blog Universitas Padjadjaran. Pengguna Blog Universitas Padjadjaran diberi kebebasan untuk membuat berbagai tulisan sepanjang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma hukum yang berlaku di Indonesia.

Pengguna Blog Universitas Padjadjaran wajib membaca Syarat dan Ketentuan Blog Universitas Padjadjaran secara cermat. Dengan mengakses dan/atau melakukan registrasi di Blog Universitas Padjadjaran, pengguna menyatakan setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta kebijakan mengenaik perubahan atau perbaikan syarat dan ketentuan di Blog Universitas Padjadjaran di kemudian hari. Pengguna dipersilakan untuk tidak menggunakan Blog Universitas Padjadjaran jika tidak setuju dengan Syarat dan Ketentuan Blog Universitas Padjadjaran.

Ketentuan Layanan

Layanan dan akses menuju situs Blog Universitas Padjadjaran yang dikelola oleh Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi (UPT-TI) tersedia untuk staf, mahasiswa dan alumni Universitas Padjadjaran. UPT-TI berhak menarik layanan dan akses tersebut dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. UPT-TI juga tidak bertanggungjawab untuk dan atas alasan apapun jika pada suatu saat dalam jangka waktu tertentu pengguna blog tidak dapat mengakses situs Blog Universitas Padjadjaran dari lokasi tertentu. Dari waktu ke waktu, UPT-TI dapat membatasi pengguna terdaftar untuk mengakses layanan di situs Blog Universitas Padjadjaran.

  1. Fitur dan layanan Blog Universitas Padjadjaran hanya bisa digunakan oleh staf, mahasiswa dan alumni Universitas Padjadjaran. Setelah mendaftar, setiap pengguna terikat oleh seluruh ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Blog Universitas Padjadjaran.
  2. Setiap pihak bisa mendaftar dengan mengajukan pendaftaran melalui e-mail yang telah dijelaskan di laman depan Blog Universitas Padjadjaran.
  3. Setelah memiliki akun di Blog Universitas Padjadjaran, pengguna dapat:
    1. Menempatkan dan atau menayangkan konten yang tidak melanggar ketentuan konten.
    2. Memberi komentar dan berbagi konten ke berbagai situs media sosial.
    3. Mengelola konten yang telah dimasukkan dan ditayangkan melalui pengelolaan yang tersedia.
    4. Melaporkan tulisan dan atau akun yang dinilai melanggar Syarat dan ketentuan.
  4. Pengguna Blog Universitas Padjadjaran wajib menjaga password, alamat email, dan data pribadi lainnya yang ditempatkan di Blog Universitas Padjadjaran dengan tidak memberitahukannya kepada pihak lain yang tidak berhak.
  5. Pengguna Blog Universitas Padjadjaran wajib mematuhi ketentuan penggunaan saat menggunakan fasilitas yang disediakan di Blog Universitas Padjadjaran dan wajib mematuhi Ketentuan Konten saat mengunggah konten ke Blog Universitas Padjadjaran.

Ketentuan Konten

Konten yang akan ditulis dan ditayangkan di Blog Universitas Padjadjaran harus sesuai dan tidak bertentangan dengan kesusilaan, ketertiban umum, dan Undang-undang yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk Ketentuan Konten di Blog Universitas Padjadjaran. Oleh karena itu, kepada para pengguna diwajibkan untuk mematuhi hal-hal berikut ini.

  1. Sebelum menempatkan dan atau menayangkan konten, pengguna wajib memastikan bahwa Konten tersebut tidak melanggar salah satu ketentuan yang tertulis pada Syarat dan Ketentuan.
  2. Saat menayangkan tulisan di Blog Universitas Padjadjaran, pengguna dilarang:
    1. Menjiplak atau menyontek atau menyalin-tempel (copy-paste) sebagian atau seluruh konten milik orang atau pihak lain atau tulisan diri sendiri yang telah ditayangkan di media lain tanpa maksud menciptakan konten baru sebagai karya yang orisinal.
    2. Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun, termasuk menggunakan dan/atau mengutip sebagian atau seluruh karya tulis, gagasan, opini milik orang lain serta hal-hal lain yang serupa, seolah-olah itu miliknya, tanpa dengan jelas dan tegas menyebutkan sumber data dan informasinya secara tepat dan memadai.
    3. Menayangkan potongan atau cuplikan konten dengan maksud mengarahkan pengunjung ke sumber asli konten di luar Blog Universitas Padjadjaran.
    4. Memuat dan atau menayangkan konten berisi iklan, promosi, atau sejenisnya yang secara langsung atau tidak langsung atau dalam bentuk tautan (link) berisi ajakan untuk membeli produk barang atau jasa yang dimaksud dalam tulisan.
  3. Saat menayangkan foto, ilustrasi, referensi, atau konten pelengkap lain yang bukan karya pribadi, pengguna wajib:
    1. Menyebutkan sumber (nama orang atau pihak pencipta, pemilik, atau pemegang hak cipta) secara langsung atau melalui tautan menuju alamat sumber.
    2. Menyebutkan sumber lengkap dan jelas untuk konten hasil pencarian dari mesin pencari (tidak dibenarkan hanya menyebut nama/merek mesin pencari sebagai sumbernya).
  4. Terkait konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Blog Universitas Padjadjaran, pengguna mengizinkan administrator untuk menghapus isi konten, pesan, foto, gambar, dan/atau komentar yang melanggar Syarat dan Ketentuan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.
  5. Pengguna dengan kesadaran dan kemauan sendiri menempatkan dan menayangkan konten, dan bersedia bertanggungjawab penuh atas seluruh konten yang ditayangkan.
  6. Dengan mendaftar Blog Universitas Padjadjaran, pengguna memahami dan setuju untuk tidak menggunakan, menempatkan, mengunduh, menautkan, melekatkan dan atau menayangkan konten yang:
    1. Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak intelektual, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas atau hak milik lainnya dari pihak ketiga.
    2. Mengancam keselamatan, memfitnah, mencemarkan nama baik, menipu, mencurangi, dan/atau menimbulkan kebencian pada individu atau kelompok tertentu.
    3. Memuat dan/atau berisi informasi/berita palsu atau yang diragukan kebenarannya secara sengaja dengan maksud untuk menipu, membohongi atau memperdaya publik.
    4. Melanggar norma kesusilaan, mengandung unsur cabul dan pornografi.
    5. Mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak atau membatasi fungsi dari perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware) komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.