Kata Baku

By | May 4, 2011

KOPI TUGAS

Pengalaman UAN

Siti Aisyah, XII AP 3, SMKN 3 Bandung

PERASAAN setelah UN bukannya Plong, malah tambah kacau! Perang batin antara lulus n tidak lulus (nauzubillah). Soal-soal yang keluar emang gampang, saking gampangnya….kepala sampe ngebul!

Sandi Irwanto, XII PN 1,

UJIAN nasional adalah tantangan yang harus dilalui untuk mengakhiri kegiatan belajar di sekolah menengah. Rasa deg-degan selalu datang secara tiba-tiba, apalagi sebelum mengikuti UN. Persiapan demi persiapan terus dilakukan. Setelah UN berakhir, rasa tegang dan rasa deg-degan sirna sudah, bahagia rasanya. Walaupun UN bukanlah akhir dari segalanya, tetapi sangat menentukan pembelajaran selama tiga tahun ini. Dan setelah UN masih ada kegiatan lain yang juga menentukan yaitu ujian sekolah dan praktik. Walaupun demikian, aku tetap harus semangat dalam meraih hasil yang maksimal. Never give up to get something and keep on rocking our spirit. Okey!

Jason Hendrawan, SMPK 5 BPK Penabur

KALAU saya sih masih belum plong…karena masih ada tantangan yang dapat menghadang kita suatu saat nanti. Tetapi, kita juga harus tetap patut mensyukuri atas selesainya UAN pada saat ini. Jadi, yang terpenting kita harus tetap belajar lebih giat lagi agar ke depannya nanti kita mendapatkan yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Cassandra Wiguna Susanto

KLO saya sih…pernah ngalamin yang namanya UAN waktu kelas 6 SD, butuh banyak pengorbanan buat UAN kelas 6 SD karena itu penentuan lulus atau gak. Anak-anak SMP kelas 3 sama SMA kelas 3 pun juga sama…UAN itu jadi penentuan kelulusan. Makanya banyak pelajar-pelajar yang lagi UAN tuh gak mau diganggu sama sekali kalo lagi belajar.

 

Yeremia Setiawan, 7D/40, SMPK 5 BPK Penabur

SAYA sich…bukan anak kelas 9 atau anak kelas 3 SMA…tetapi saya pernah ngerasain rasanya ujian kelas 6. Rasanya hati gak tenang mikirin kalo gk lulus…tetapi saya sudah melakukan dengan maksimal jadi saya hanya berdoa…saya hanya pasrah.

Nur Baeti, XI, SMK-ICB Cinta Niaga

KALO kata aq sih sehabis UN tuh rasanya seneng, hahay. Walaupun aq masih kelas 2, tapi aq prnh UN wktu SMP, hehe. Rasanya tuh seneng bgt, apalagi kalo pas ngerjain soal UN nya hasil sendiri, tanpa bocoran. Wah, pasti bangga banget deh juga optimis bkal lulus n dapet hasil yang memuaskan. Selain itu, beban yang kita tanggungpun jadi berkurang, kita tinggal mempersiapkan buat UAS teori n praktik. Nah, kalo semuanya udah selesai, jadi plong banget kan? Tinggal gimana kita aja, mau ngapain pas slesai ujian, asal apa yang qta lakuin bermanfaat. Betul tidak?

Femmy C,9E-13, SMP Waringin

MENURUT aku sih UN itu harus dihadapi dgn santai jangan tegang atau takut…karena jika kondisi kita takut dan tegang,, jiwa kita akan tertekan dan kita tidak konsentrasi..Maka dari itu untuk menjalani UN kita harus relax dan jangan lupa belajar, selain itu jangan lupa untuk berdoa..

Munjiatun, XII IPS, MA Nurul Iman

PERASAANQU masih tegang walaupun UN dah lewat, masalahnya tinggal nunggu hasil UN, apalagi 1 minggu lagi aku UAS, takutnya nilai yang kurang memuaskan, and nanti aKu meNghadapiUjian lagi di perguruan tinGgi, wah…deg-degan nich nunggU hasil kedUa hasil ujian itu.

Diyanti Sholifiany, X-2 SMAN 1 Cicalengka

TAHUN kemarin saya melaksanakan UAN SMP Sesudah UAN kala itu masih tegang karena belum melihat hasilnya. Ditambah belum adanya kepastian untuk masuk SMA mana. Akan tetapi, yang saya ingat kala itu, ujian praktik ataupun UAS dilakukan sebelum UAN. Jadi, beban setelah UAN semakin berkurang. Hanya tinggal melihat hasil NEM saja dan masuk SMA mana.

Hoshea J.G, SMPK 5 BPK Penabur

AKU sih baru merasakan ujian ketika masih SD. Memang agak tegang sedikit karena pengawas lumayan galak. Akan tetapi, yang terpenting sudah belajar dengan sungguh-sungguh.

Lestari Mustikasari, X-AP 2, SMK ICB Cinta Niaga

MENURUT q yg udh pernah ngerasain UAN perasaannya sedikit lega. tapi sich masih berlanjut ketegangannya coz…pertama…pastinya qta deg”an tuk nerima hasil pengumuman kelulusan UAN. Truz..bner bngetz klu qta pazti akan tegang tuk menghadapi berbagai UJIAN masuk ke perguruan tinggi.***

DEMEN nulis? Kru belia menerima sumbangan tulisan buat rubrik Inspirasi dan Selancar. Boleh juga untuk artikel lain, seperti Review, Aksi, dan Skul (mohon berkoordinasi terlebih dahulu dengan kru belia via e-mail/HP di samping). Isinya bebas, lihat aja contoh dari tulisan sebelumnya. Ketik sebanyak 3500-4000 karaktek. Kirim ke alamat pos Pikiran Rakyat, Jln. Soekarno –Hatta No. 147 Bandung, Atawa alamat e-mail: belia2pikiran-rakyat.com. jangan salah, ada honornya! Sok atuh kirim yang banyak, oke? JANGAN LUPA PAKE FOTO YANG GAYA! Kalo tulisan kamu dimuat, ambil aja honornya di Redaksi Pikiran Rakyat di alamat di atas dengan membawa kartu identitas, otreh? Ayo kirim yang banyak! Sekarang belia juga nerima cerpen (4000 karakter) paling keren bikinan temen-temen lho. Inget, cerpen keren, lho. Yang enggak keren dilarang ngirim. So, buruan kirim cerpen paling keren versi Belia! WARNING! PELAJAR SMP/SMA/sederajat ONLY! Tiap tulisan, harap disertai nama, alamat, nama sekolah, dan nomor kontak yang jelas. Kalo mau nge-add account facebook kita, langsung aja SEARCH belia pikiran rakyat ataw follow di twitter www.twitter.com/belia

 

JAWABAN

Pengalaman UAN

Siti Aisyah, XII AP 3, SMKN 3 Bandung

Perasaan setelah UN bukannya tenang, tetapi semakin kacau, perang batin antara lulus dan tidak lulus (nauzubillah). Soal-soal yang keluar memang mudah, saking mudahnya kepala sampai pusing.

Sandi Irwanto, XII PN 1,

Ujian Nasional adalah tantangan yang harus dilalui untuk mengakhiri kegiatan belajar di sekolah menengah. Rasa deg-degan selalu datang secara tiba-tiba, apalagi sebelum mengikuti UN. Persiapan demi persiapan terus dilakukan. Setelah UN berakhir, rasa tegang dan rasa deg-degan sirna sudah, bahagia rasanya. Walaupun UN bukanlah akhir dari segalanya, tetapi sangat menentukan pembelajaran selama tiga tahun ini. Dan setelah UN masih ada kegiatan lain yang juga menentukan, yaitu ujian sekolah dan praktik. Walaupun demikian, aku tetap harus semangat dalam meraih hasil yang maksimal. Never give up to get something and keep on rocking our spirit. Okey!

Jason Hendrawan, SMPK 5 BPK Penabur

Kalau saya masih belum tenang, karena masih ada tantangan yang dapat menghadang kita suatu saat nanti. Tetapi, kita juga harus tetap patut mensyukuri atas selesainya UAN pada saat ini. Jadi, yang terpenting kita harus tetap belajar lebih giat lagi agar ke depannya nanti kita mendapatkan yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Cassandra Wiguna Susanto

Kalau saya pernah mengalami UAN waktu kelas 6 SD, memerlukan banyak pengorbanan untuk UAN kelas 6 SD, karena itu penentuan lulus atau tidak lulus. Anak-anak SMP kelas 3 sama SMA kelas 3 pun sama, UAN itu menjadi penentuan kelulusan. sehingga banyak pelajar-pelajar yang sedang UAN tidak ingin diganggu sama sekali jika sedang belajar.

5

Yeremia Setiawan, 7D/40, SMPK 5 BPK Penabur

Saya memang bukan anak kelas 9 atau anak kelas 3 SMA, tetapi saya pernah merasakan rasanya ujian kelas 6. Rasanya hati tidak tenang memikirkan jika tidak lulus, tetapi saya sudah melakukan dengan maksimal jadi saya hanya berdoa dan pasrah.

Nur Baeti, XI, SMK-ICB Cinta Niaga

Menurut saya setelah UN merasa senang. Walaupun saya masih kelas 2, tapi saya pernah UN waktu SMP. Rasanya sangat senang, apalagi saat mengerjakan soal UN hasil sendiri, tanpa bocoran. Wah, pasti sanggat bangga dan juga optimis akan lulus dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu, beban yang kita tanggungpun menjadi berkurang, kita tinggal mempersiapkan untuk UAS teori dan praktik. Jika semuanya sudah selesai, jadi tenang kan? Tinggal bagaimana kita saja, apa yang akan kita lakukan setelah selesai ujian, asal apa yang kita lakukan bermanfaat. Betul tidak?

Femmy C,9E-13, SMP Waringin

Menurut aku UN itu harus dihadapi dengan santai jangan tegang atau takut, karena jika kondisi kita takut dan tegang, jiwa kita akan tertekan dan kita tidak konsentrasi. Maka dari itu untuk menjalani UN kita harus relax dan jangan lupa belajar, selain itu jangan lupa untuk berdoa..

Munjiatun, XII IPS, MA Nurul Iman

Perasaanku masih tegang walaupun UN sudah lewat, masalahnya tinggal menunggu hasil UN, apalagi 1 minggu lagi aku UAS, takutnya nilai yang kurang memuaskan dan nanti aku menghadapi ujian lagi di perguruan tinggi. Wah, deg-degan menunggu hasil kedua hasil ujian itu.

Diyanti Sholifiany, X-2 SMAN 1 Cicalengka

Tahun kemarin saya melaksanakan UAN SMP sesudah UAN, kala itu masih tegang karena belum melihat hasilnya. Ditambah belum adanya kepastian untuk masuk SMA mana. Akan tetapi, yang saya ingat kala itu, ujian praktik ataupun UAS dilakukan sebelum UAN. Jadi, beban setelah UAN semakin berkurang. Hanya tinggal melihat hasil NEM saja dan masuk SMA mana.

Hoshea J.G, SMPK 5 BPK Penabur

Aku baru merasakan ujian ketika masih SD. Memang sedikit tegang, karena pengawas lumayan galak. Akan tetapi, yang terpenting sudah belajar dengan sungguh-sungguh.

Lestari Mustikasari, X-AP 2, SMK ICB Cinta Niaga

Menurut saya yang sudah pernah merasakan UAN perasaannya sedikit lega, tapi masih berlanjut ketegangannya, karena pertama pastinya kita deg-degan untuk menerima hasil pengumuman kelulusan UAN. Lalu benar sekali jika kita pasti akan tegang untuk menghadapi berbagai ujian masuk ke perguruan tinggi.***

Suka menulis? Kru belia menerima sumbangan tulisan untuk rubrik Inspirasi dan Selancar. Boleh juga untuk artikel lain, seperti Review, Aksi, dan School (mohon berkoordinasi terlebih dahulu dengan kru belia via e-mail/HP di samping). Isinya bebas, lihat saja contoh dari tulisan sebelumnya. Ketik sebanyak 3500-4000 karaktek. Kirim ke alamat pos Pikiran Rakyat, Jln. Soekarno –Hatta No. 147 Bandung, atau alamat e-mail: belia2pikiran-rakyat.com. jangan salah, ada bayarannya! Ayo kirim yang banyak, ya? JANGAN LUPA PAKAI FOTO YANG GAYA! Jika tulisan kamu dimuat, ambil saja bayarannya di Redaksi Pikiran Rakyat di alamat di atas dengan membawa kartu identitas, baik? Ayo kirim yang banyak! Sekarang belia juga menerima cerpen (4000 karakter) paling bagus buatan teman-teman. Ingat, cerpen bagus. Yang tidak bagus dilarang mengirim. Jadi, cepat kirim cerpen paling bagus versi Belia! WARNING! PELAJAR SMP/SMA/sederajat ONLY! Tiap tulisan, harap disertai nama, alamat, nama sekolah, dan nomor kontak yang jelas. Jika ingin menambahkan akun facebook kita, langsung saja SEARCH belia pikiran rakyat atau follow di twitter www.twitter.com/belia

 


Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create