Potensi Ekstrak Buah Tomat (Solanum lycopersicum Linn) sebagai Pelindung dari Sinar Ultraviolet untuk Spodoptera litura Nucleopolyhedrosisvirus (SlNPV)

Sheptian Octavianus Setiono. 2016. Potensi Ekstrak Buah Tomat (Solanum lycopersicum Linn)  sebagai Pelindung dari Sinar Ultraviolet untuk Spodoptera litura Nucleopolyhedrosisvirus (SlNPV). Dibawah bimbingan Ceppy Nasahi dan Siska Rasiska.

Kelemahan utama Spodoptera litura Nucleopolyhedrosisvirus (SlNPV) adalah mengalami inaktivasi setelah terpapar oleh sinar ultraviolet dengan panjang gelombang 290 nm. Tomat mengandung beberapa senyawa yang mampu  melindungi sel dari radikal bebas hasil radiasi UV antara lain Vitamin C, Vitamin E dan karotenoid likopen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mempelajari potensi ekstrak buah tomat sebagai bahan pelindung sinar UV untuk SlNPV, Percobaan dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor pada Bulan Desember 2015 hingga Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 9 jenis perlakuan  yaitu 100% Aquades; SlNPV saja; SlNPV+penyinaran UV 4 Jam; SlNPV + 5% Ekstrak Tomat+ Penyinaran UV 4 jam; SlNPV + 5% Ekstrak Tomat ; SlNPV +10% Ekstrak Tomat + Penyinaran UV 4 jam; SlNPV + 10% Ekstrak Tomat ; SlNPV + 15% Ekstrak Tomat + Penyinaran UV 4 jam; Suspensi SlNPV + 15% Ekstrak Tomat. Ekstrak tomat dengan konsentrasi 5%, 10% dan 15% terbukti mampu melindungi SlNPVdari paparan sinar UV selama 4 Jam. Perlakuan SlNPV+5% ekstrak tomat+Penyinaran UV 4 jam, perlakuan SlNPV+10% ekstrak tomat+Penyinaran UV 4 jam dan SlNPV+15% ekstrak tomat+Penyinaran UV 4 jam memiliki Time of stop feeding sejak 8 Jam setelah perlakuan dan rata-rata mortalitas diatas 80% yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan perlakuan SlNPV+penyinaran UV 4 Jam.

 

Kata Kunci : Spodoptera litura, SlNPV, Sinar ultraviolet, ekstrak tomat, antioksidan.

bila ingin mendapatkan jurnalnya bisa menghubungi : sheptianoctav@yahoo.com

Leave a Reply