Weather temperature in Skovde, Vastra Gotaland, Sweden

Site menu:

Categories

Archives

Site search

Links:

Peta La Rochelle France

la Rochelle google satellite maps

Peta Skovde Swedia

Setiawan Hadi's map homepage

Peta Kampus UNPAD

Universitas Padjadjaran Main Campus satellite map
Instagram
Free Website Translator
Flag Counter

Pendidikan Ilmu Komputer/Informatika di UNPAD

Pendidikan formal yang berkaitan dengan bidang ilmu komputer dan informatika di UNPAD pada dasarnya sudah berlangsung lama dan telah menghasilkan lulusan-lulusan yang diantaranya sudah berprestasi pada bidangnya. Secara historis, pendidikan formal pada saat ini yang ditawarkan pada jenjang Diploma dan S1 (Bidang Minat dan Program Khusus), diawali dengan pendidikan non-formal berupa kursus-kursus singkat yang dilakukan Pusat Komputer (Puskom) dengan dukungan PT USI JAYA (IBM) pada sekitar tahun 1984 (Program PIKSI – Pusat Ilmu Komputer dan Sistem Informasi) dan Bantuan Supersemar. Kursus-kursus ini menjadi dasar untuk mengadakan program Diploma 1 Tahun yang diadakan di Pusat Komputer UNPAD Sekeloa (pada saat itu). Dari kegiatan-kegiatan ini kemudian ditingkatkan menjadi pembukaan Program Diploma III Ilmu Komputer (Program Studi Manajemen Informatika, Teknik Informatika dan Teknik Komputer) dan Program Extension S1 Ilmu Komputer pada sekitar tahun 1990an. Pada sekitar tahun 2002 dibuka, melalui jalur masuk SMUP, S1 Jurusan Matematika Bidang Minat Ilmu Komputer, yang kuliahnya dilakukan di Kampus Jurusan Matematika FMIPA UNPAD di Jatinangor.

Pada tahun 2007, seiring dengan bertambahnya para pengajar yang memiliki latar belakang Ilmu Komputer berstrata S2 dan S3, disusun proposal untuk Pembukaan Program Studi Ilmu Komputer Universitas Padjadjaran. Untuk sementara program ini bernaung di bawah Jurusan Matematika FMIPA UNPAD mengingat alasan rumpun keilmuan dan historis. Setelah melalui berbagai proses sesuai dengan ketentuan administrasi, pada tahun 2009, proposal sudah disetujui oleh Senat Guru Besar Universitas Padjadjaran dan telah disampaikan permintaah ijinnya ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Depdiknas. Saat ini usulan tersebut sedang diproses dan masih menunggu hasilnya.

Mungkin saja di program studi/jurusan/fakultas lain di Universitas Padjadjaran juga ada yang menyelenggarakan pendidikan yang memiliki relevansi dan keterkaitan program studi Ilmu Komputer dan Informatika di Jurusan Matematika FMIPA UNPAD, hal ini tentunya diharapkan bersinergi sehingga Ilmu Komputer dan Informatika di UNPAD bisa lebih berkembang dan memberikan sumbangan yang berarti bagi UNPAD dan juga secara umum bagi Pendidikan di Indonesia. (SH2805091140)

Write a comment

You need to login to post comments!