Weather temperature in Skovde, Vastra Gotaland, Sweden

Site menu:

Categories

Archives

Site search

Links:

Peta La Rochelle France

la Rochelle google satellite maps

Peta Skovde Swedia

Setiawan Hadi's map homepage

Peta Kampus UNPAD

Universitas Padjadjaran Main Campus satellite map
Instagram
Free Website Translator
Flag Counter

Extreme Programming?

Pernahkah anda mendengar tentang “Agile Software Development”? Ini definisinya.

Agile software development is a group of software development methodologies based on iterative and incremental development, where requirements and solutions evolve through collaboration between self-organizing, cross-functional teams.

Salah satu dari grup agile ini adalah eXtreme Programming (XP). XP adalah suatu metodologi software development yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan fleksibilitas software terhadap adanya perubahan requirement. Jelas bahwa setiap software dibuat pasti berdasarkan requirement yang dibutuhkan; bagaimana agar software lebih lentur terhadap adanya perubahan? Dan bagaimana developer dapat melakukannya dalam tempo yang singkat? XP adalah jawabannya.

Berbeda dengan Waterfall method yang sangat terkenal itu, dimana iterasi Waterfall sangat panjang, mulai dari menyusun requirement, desain, coding, testing, hingga release. XP unik, karena dari kumpulan requirement, langsung dibuat release planning, dan ini pun terdiri dari berbagai release-release parsial. Kemudian pada masa coding, hal pertama yang dilakukan developer adalah menulis test function terlebih dulu, bukan function dari software tersebut. Mengapa? Agar test tersebut bisa lebih independen. Jika menulis test di akhir, maka test tersebut akan mirip sekali dengan function yang sudah dibuat. Test-test tersebut pun masih dibagi menjadi unit-unit kecil, dan ada satu fungsi yang akan menggabungkan semua unit-unit test. Setiap bagian dalam software development pun di release secara bertahap dan lebih sering.

Pada XP, setiap elemen bisa jadi memiliki loop tersendiri, itulah yang membuat XP relatif fleksibel. Salah satu empowerment pada XP adalah refactoring. Refactoring adalah suatu cara untuk membuat code mudah dipahami, dengan mengubah desain namun tetap mempertahankan fitur. Mengapa perlu refactoring dalam XP? Karena keistimewaan XP yang fleksibel terhadap perubahan requirement, maka dituntutlah code yang mudah dipahami. Sehingga ketika customer menginginkan spesifikasi yang berbeda, dapat dengan mudah diubah dan diperbarui.

Selamat mencoba dan eksplorasi lebih lanjut.

Write a comment

You need to login to post comments!