Weather temperature in Skovde, Vastra Gotaland, Sweden

Site menu:

Categories

Archives

Site search

Links:

Peta La Rochelle France

la Rochelle google satellite maps

Peta Skovde Swedia

Setiawan Hadi's map homepage

Peta Kampus UNPAD

Universitas Padjadjaran Main Campus satellite map
Instagram
Free Website Translator
Flag Counter

Riset Ilmu Komputer/Informatika

Riset ilmiah mengenai ilmu komputer dan atau informatika harus dibedakan dengan membuat aplikasi, yang pada umumnya sekarang disebut aplikasi teknologi informasi. Beberapa fihak masih mencampuradukan apa itu riset dan apa itu implementasi (yang dianggap sebagai sebagai penelitian) dalam bidang ilmu komputer.

Pengalaman dalam membimbing mahasiswa S1 yang memilih topik skripsi yang berkaitan dengan komputer/informatika menunjukkan bahwa kadang-kadang membuat sebuah aplikasi dapat diajukan sebagai sebuah bentuk penelitian yang bersifat akademis. Tentunya hal ini tidak terlalu sejalan dengan arti kata riset atau penelitian itu sendiri. Apakah membuat sebuah produk, misalnya program komputer atau sebuat situs web dalam sebuah skripsi dapat dianggap sebagai sebuah penelitian (bernilai akademis sebagai skripsi) atau bukan?

Memang sebuah produk aplikasi merupakan hasil yang penting dan merupakan bentuk nyata dan implementasi dari teori-teori yang ada. Dan tak dapat dipungkiri, ini merupakan sesuatu yang bisa bernilai finansial dan dapat dijual (dalam beberapa skema hibah penelitian, hasil ini juga sering dituntut karena merupakan bentuk nyata dan dapat dilihat atau digunakan). Namun dikaitkan dengan arti kata penelitian, terlebih dikaitkan dengan riset ilmu komputer/informatika di perguruan tinggi, maka tentunya ini perlu didiskusikan lebih lanjut.

Merujuk kepada institusi-institusi di luar negeri dan juga institusi yang khusus menerbitkan jurnal-jurnal ilmu komputer, misalnya IEEE atau SIAM, maka bidang ilmu komputer memiliki banyak subrumpun (jika dikaitkan dengan jurnal yang diterbitkannya). Sebagai contoh IEEE Transations on Patterns Analysis and Machine Intelligence (PAMI) dan IEEE Transactions on Visualizations and Computer Graphics (VCG). Pada jurnal ini konsep-konsep grafik dan pengolahan citra dijital serta elemen-elemen pendukung lain misalnyanya computer vision, statistik, aljabat linier, pengenalan pola dan lain-lain disinerjikan sehingga bisa menjadi sebuah artikel ilmiah, yang merupakan hasil penelitian. memang yang ditampilkan pada jurnal-jurnal tersebut bukan hasil produk berupa aplikasi, tetapi pada jurnal tersebut, aplikasi digunakan untuk mendukung penelitian.

Pola pikiran saya dalam konteks riset ilmu komputer adalah bahwa kita perlu lebih mempertajam artinya dan menyesuaikannya dengan arti riset secara global. Ilmu komputer adalah bidang ilmu yang luas dan melibatkan hampir semua bidang ilmu yang ada. Dalam penelitian ilmu komputer, kita jangan hanya terfokus ke dalam aplikasi dan pembuatan produk, walaupun ini adalah sesuatu yang penting dan implementatif. Bagaimana pendapat anda? (SH2805091228)

Write a comment

You need to login to post comments!