Weather temperature in Skovde, Vastra Gotaland, Sweden

Site menu:

Categories

Archives

Site search

Links:

Peta Kampus HIS

Setiawan Hadi's map homepage

Peta Kampus UNPAD

Universitas Padjadjaran Main Campus satellite map
Instagram
Free Website Translator
Flag Counter

Logbook#46 23 Oktober 2013

MEMBUAT MODUL PRAKTIKUM


Membuat bahan ajar berupa modul praktikum bukanlah pekerjaan sederhana. Untuk membuat tutorial diperlukan langkah-langkah awal yang harus dikerjakan oleh pembuatnya. Untuk apa? Agar modul yang dibuat tidak hanya tulisan yang dikompilasi berbagai sumber sehingga tidak punya nilai implementatif, namun tulisan yang dibuat harus juga merupakan pengalaman dari penulisnya sendiri. Dengan demikian penularan ilmu dapat dilakukan secara lebih realistis.

Nao Programming using .NET and  Webots-01-Introduction to Nao

Nao Programming using .NET and  Webots-02-Basic Requirement Tools

Nao Programming using .NET and  Webots-03-Nao's Connectivity

Untuk membuat modul NAO, diawali dengan membaca dahulu manual NAO, mendownload dan menginstall software yang diperlukan, membaca user guide, reference manual, help file dan makalah-makalah relevan yang dibuat termasuk juga diskusi lisan dengan orang yang berkompeten (thank you to Gauss Lee) . Karena materi yang akan dibuat adalah materi yang baru, maka diskusi hanya bersifat umum selebihnya penulis menggunakan segenap kemampuannya untuk mengkompilasikan semua informasi yang didapat dan mencobanya dalam bentuk program komputer. Sungguh beruntung jaringan internet sangat cepat sehingga download software ratusan mega dan giga dapat dilakukan dengan cepat, dan perangkat alatnya yaitu NAO tersedia di laboratorium.

Untuk membuat 8 modul praktikum atau tutorial berjudul NAO Programming using .NET and Webots ini diperlukan waktu lebih kurang 1 bulan, termasuk, yang sulit, adalah menuangkannya dalam bentuk tulisan, yang dimana penulis menerapkan standar harus (i) ada tujuannya (ii) mudah dibaca, dimengerti dan dapat dilaksanakan (iii) bermanfaat (iv) sederhana namun langsung ke tujuan (v) tidak melanggar HAKI (vi) berbahasa Inggris. Memang masih belum sempurna tetapi inilah satu hasil dari SAME. Saksikan video NAO in Action

  1. From Stand to Sit
  2. From Sit to LyingBack
  3. From LyingBack to LyingBelly
  4. From LyingBelly to SitRelax
  5. From SitRelax to StandZero
  6. Indoor Walk

Nao Programming using .NET and  Webots-04-Programming-01

Nao Programming using .NET and  Webots-05-Programming-02

Nao Programming using .NET and  Webots-06-Programming-03

Nao Programming using .NET and  Webots-07-Programming-04

Nao Programming using .NET and  Webots-08-Programming-05