Weather temperature in Skovde, Vastra Gotaland, Sweden

Site menu:

Categories

Archives

Site search

Links:

Peta Kampus HIS

Setiawan Hadi's map homepage

Peta Kampus UNPAD

Universitas Padjadjaran Main Campus satellite map
Instagram
Free Website Translator
Flag Counter

Akhirnya “pecah telur”, H-Index di Scopus ada nilainya !

Hari ini 26 Januari 2017 saya mengecek informasi di SCOPUS, ternyata H-Index saya berubah nilainya, dari kosong menjadi 1. Akhirnya berubah juga. … terima kasih teman-teman pendukung semua, … thanks for everyone that support my works, … Merci à tous ceux qui soutiennent mes œuvre, … Tack till alla som stöder mitt arbete.

Memang masih jauh dari yang diharapkan …. sangat jauh … tetapi mudah2an ini memacu motivasi untuk terus berkarya.

Beberapa Kota yang Menarik Dikunjungi di Eropa

Beberapa kota besar Eropa yang cukup menarik perhatian adalah La Rochelle, Paris, Volendam, Amsterdam, Roma, Vatikan, Barcelona, Skövde, dan Stockholm. La Rochelle di Perancis terkenal sebagai kota wisata dan terletak ditepi laut. Dengan kondisi ini maka kehidupan di La Rochelle lebih bernuansa kepada kemaritiman. Disini juga ada universitas yang bernama Universite de La Rochelle. Paris, jangan diragukan lagi, punya berbagai julukan. Jika kita bicara Paris maka pikiran kita akan tertuju kepada menara Eifel. Memang benar, keindahan menara ini, baik diwaktu siang, maupun di waktu malam, begitu luar biasa. Volendam adalah kota keci berjarak 40km dari Amsterdam, yang merupakan kota tradisional, dimana kehidupan orang-orangnya bernuansa kepada kehidupan jaman dahulu, ditandai dengan pakaian, peralatan, bentuk rumah yang tetap dipertahankan sesuai pada saat pembangunannya. Amsterdam adalah sebuah kota besar di Belanda yang hdup selama 24 jam. Banyak orang datang ke Amsterdam untuk menikmati pemandangan dan hiburan baik di waktu siang maupun di waktu malam. Roma, terkenal dengan gedung-gedung jaman baheula, jalan-jalan yang kecil, dan banyak tempat wisata, termasuk Vatikan, sebuah negara yang kecil dan ada di Italia. Barcelona di Spanyol terkenal dengan lapangan atau stadion sepakbolanya yang terbesar. Skövde terletak di pertengahan Swedia. Sebuah kota kecil berpenduduk 75 ribu orang, namun kualitas hidupnya demikian tinggi. Terdapat University of Skövde, yang cukup terkenal. Stockholm adalah ibu kota negara Swedia. Kota yang ramai dan modern. Namun nilai-nilai tradisional tetap dijaga.

TabletPC Onda V919 CH Berhasil Diperbaiki dan Diaktifkan Touch Screennya (Fixing I2C Device data failure Error on Onda V919 CH)

Pada bulan September 2016 datang barang yang dipesan yaitu TabletPC Onda V919 CH. Namun pada saat dicoba ternyata barangnya tidak berfungsi optimal, selain ada error I2C Device data failure saat diboot, juga touch screen tidak berfungsi.

Tentunya ini membuat masalah, barang yang dibeli cacat. Pertanyaannya apakah cacat software atau hardware? Pertama-tama menduga driver touch screennya, sehingga diupdate driver touch screennya, namun tidak membuahkan hasil, error masih ada.

Setelah menunggu sambil mencari akhirnya ada situs berbahasa asing, mungkin Rusia, yang menyajikan video yang berkaitan. Video dipelajari berulang-ulang dan bertanya-tanya apakah ini bisa diterapkan?

Akhirnya pada hari Kamis 13 Oktober 2016, dilakukan langkah-langkah seperti yang dijelaskan di video sebagai berikut. Read more »

Persiapan Research Visit 2016

  • Undangan
  • Ijin
  • Tiket
  • Akomodasi
  • Rencana Kegiatan

Penyamaan Persepsi Reviewer Beasiswa LPDP

IMG_20160802_074707 (Medium)Setelah melalui proses seleksi yang dimulai pada bulan Februari 2016, akhirnya diumumkan penerimaan Tim Penyeleksi Beasiswa LPDP Periode 2016-2018. Pertemuan pertama yang berupa kegiatan Workshop Penyamaan Persepsi, diadakan pada tanggal 1-3 Agustus 2016 di Trans Luxury Hotel Bandung. Berikut beberapa foto kegiatan tersebut.

IMG_20160801_192032 (Small)

IMG_20160802_203624 (Small)

IMG_20160802_203656 (Small)

Revolusi Exponensial: Siapkah Kita?

Pada tahun 1998, Kodak memiliki 170.000 karyawan dan menjual 85% kebutuhan kertas foto di seluruh dunia. Hanya dalam beberapa tahun, model bisnis mereka menghilang dan mereka bangkrut. Apa yang terjadi dengan Kodak akan terjadi dengan banyak industri dalam 10 tahun ke depan – dan kebanyakan orang tidak melihatnya.

Kamera Digital diciptakan tahun 1975. Model pertama hanya memiliki 10.000 piksel, tetapi tren pertumbuhannya mengikuti hukum Moore (pertumbuhan eksponensial). Semua teknologi eksponensial berkembang melewati masa-masa sulit yang lama, sebelum tiba-tiba menjadi superiur dan menguasai pasar utama (mainstream) hanya dalam beberapa tahun saja. Hal yang sama akan terjadi sekarang ini dengan teknologi artificial intelligence, kesehatan, mobil otonom dan listrik, pendidikan, teknologi cetak 3D, pertanian dan profesi.

Selamat Datang di Revolusi Industri Ke-4. Selamat datang di Era Eksponensial (Exponential Age). Sebuah yang sangat cepat.
Read more »

Quantum Computing: A new generation of computing device

maxresdefaultQuantum computing atau komputasi kuantum adalah bidang penelitian yang menerapkan prinsip-prinsip fisika kuantum untuk membangun tipe baru komputer yang menggunakan efek kuantum dalam perhitungan. Komputasi klasik menerapkan penggunaan bit dalam konteks 0 (OFF) atau 1 (ON). Dalam komputasi kuantum, selain bit 0 dan satu, ada bit lain yang bisa berfungsi sebagai bit 0 dan 1 secara BERSAMAAN (???). Selain membuat komputer generasi baru yang disebut komputer kuantum, bidang penelitian ini juga mengembangkan algoritma yang dapat dieksekusi dalam komputer tersebut.

Untuk mendapat pemahaman umum tentang komputasi kuantum, silakan akses alamat ini untuk melihat videonya (dalam Bahasa Inggris).

10 Hari di La Rochelle

Mulai tanggal 11 Januari 2016 sampai dengan 22 Januari 2016 berada di University La Rochelle Perancis, tepatnya di L3I untuk melakukan riset visit berkaitan dengan proyek AMADI. Meeting tidak hanya dengan tim Perancis tetapi juga dengan tim Kamboja. Mudah-mudahan bisa menjadi pemicu dan pemacu riset dan pengembangan SDM.

IMG_20160112_100942 (Small)

IMG_20160113_132258 (Small)

IMG_20160113_132123 (Small)

IMG_20160112_175038 (Small)

IMG_20160113_130739 (Small)

IMG_20160112_175056 (Small)

IMG_20160113_130634 (Small)

IMG_20160113_154025 (Small)

IMG_20160113_122529 (Small)

Tanya Jawab dengan ASP

Pekerjaan sebagai dosen mungkin dianggap kurang jika dibandingkan dengan pekerjaan lain. Pada link ini bisa dibaca artikel bagaimana pekerjaan sebagai dosen dan peneliti sangatlah menjanjikan. Artikel ini dikemas dalam bentuk tanya jawab yang relevan dengan pekerjaan kita sebagai dosen. Mudah-mudahan menjadi pemicu dan pemacu kita untuk lebih baik lagi bekerja sesuai dengan pekerjaan yang kita kerjakan sekarang, yaitu sebagai dosen, yang salah satu tugasnya adalah melakukan penelitian sebagai salah satu tridharma perguruan tinggi.

Di bawah ini adalah cuplikan dari artikel tersebut:

Perjuangan membuahkan hasil, akhirnya tahun 2011 saya dilantik sebagai Profesor Madya, setelah mempunyai 100 publikasi ISI/Scopus indexed (40 International Journal dan 60 International Conference) dengan H-Index = 3 atau 50 sitasi di Scopus (syarat minimal H-Index = 2). Membimbing sampai lulus 2 mahasiswa Doktor dan 6 mahasiswa Master by research, mengetuai proyek riset senilai Rp. 1 Milyar sampai selesai, meraih 10 penghargaan riset dan akademik, menyampaikan 15 keynote speaker/invited talk, menjadi program committee dan reviewer lebih dari 60 International Conference, menjadi reviewer lebih dari 20 International Journal, dan menjadi Board of Editor di 5 International Journal. Salah satu syarat yang juga menentukan adalah mendapat penilaian positif para Profesor yang mempunyai bidang ilmu sama dari 4 negara. Penilaian ini berdasarkan kepada Curriculum Vitae (CV) dan daftar publikasi lengkap yang dikirim oleh kampus kepada para Profesor tersebut.

Guidebook !!!

Guidebook is an app that allows event organizers to easily and inexpensively share materials with event attendees on their mobile devices (iPhones, Android devices, iPads, Blackberries, etc.). For events, attendees are given a schedule of events with personalized reminders, interactive maps of the venues, and searchable lists of speakers, exhibitors, and sponsors. They can easily contribute to the event buzz on Twitter and Facebook, create personalized to-do lists, rate the sessions they attend, and give the event organizer feedback. All of the information contained within a guide is accessible offline as well, keeping users in the loop wherever they may be!

guidebookICM