• About
  • biodata
  • Archives
  • Categories
  • on farm (pertanian)_perartian istilah

    2010 - 06.01

    Pertanian arti sempit :menunjuk pada kegiatan pertanian rakyat yang biasanya hanya bercocok tanam atau melakukan budidaya tanaman pangan seperti padi, jagung, kedele, ubi kayu, dan sebagainya

    Pertanian arti luas : meliputi Pertanian rakyat atau pertanian dalam arti sempit; Perkebunan, yaitu perkebunan rakyat dan perkebunan besar yang melakukan budidaya tanaman perkebunan seperti kopi, lada, cengkeh, kelapa, kelapa sawit, teh, dan sebagainya; Kehutanan yang menghasilkan produk hutan seperti kayu dan rotan; Peternakan, yaitu budidaya ternak baik ternak kecil seperti ayam dan kambing, atau ternak besar seperti sapi dan kerbau; dan Perikanan yang meliputi perikanan darat dan laut.

    input : Lebih banyak diterjemahkan sebagai masukan, yaitu istilah untuk menunjuk pada semua bahan, alat, mesin, tenaga kerja, termasuk faktor lingkungan alam yang diperlukan dalam proses produksi dan operasi.

    Proses : proses pengolahan/mengubah input menjadi output (dalam bentuk barang atau jasa) melalui aktivasi budidaya, penanganan atau pengolahan

    Output : Lebih banyak diterjemahkan sebagai keluaran. Istilah ini menunjuk pada produk baik barang atau jasa yang dihasilkan dalam proses suatu produksi atau operasi.

    Pemasaran : menjual/mengenalkan barang atau jasa kepada masyarakat

    Your Reply