Kerajinan tembaga merupakan salah satu kerajinan yang banyak dijual di pasaran. Tidak sedikit orang yang tertarik dengan kerajinan tembaga atau kuningan yang satu ini. Tembaga atau kuningan yang ditempa tak hanya digunakan sebagai pajangan saja. Namun, ada pula beberapa kerajinan tembaga yang digunakan sebagai alat rumah tangga dan memiliki fungsi yang sangat penting.

Sumber Foto : http://www.tigaputra.com

Dibalik fungsi dan keindahan yang dimilikinya, ternyata proses pembuatan kerajinan tembaga tidaklah mudah. Ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk membuat sebuah kerajinan yang tidak biasa dan memiliki nilai artistik yang cukup tinggi.

Baca Juga : http://blog.ub.ac.id/indexing/

 

Lalu, bagaimana proses pembuatan dari kerajinan tembaga atau yang juga disebut dengan kerajinan kuningan satu ini? Berikut pembahasannya.

Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga

  • Menentukan Ide Terlebih Dahulu

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membuat ide terlebih dahulu. Ada banyak bentuk kerajinan tembaga yang bisa dibuat, mulai dari bentuk abstrak, hewan, tumbuhan bahkan manusia. Para seniman akan membuat sebuah konsep terlebih dahulu sebelum memulai proses pembuatan.

 

  • Menyiapkan Bahan yang Akan Digunakan

Setelah ide atau konsep sudah terbentuk, langkah berikutnya dalam membuat kerajinan tembaga ialah dengan mengumpulkan beberapa bahan yang akan digunakan nantinya. Bahan-bahan yang akan digunakan seperti copper atau tembaga, serta kuningan atau brass.

Agar hasil kerajinan tampak lebih bagus, tentu bahan baku yang harus dipilih ialah bahan baku yang berkualitas. Dengan penggunaan bahan baku terbaik dan berkualitas tentu akan membuat hasil kerajinan menjadi tidak biasa dan tampak memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

 

  • Memulai Tahap Produksi

Setelah menyiapkan ide dan bahan baku yang akan digunakan, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memulai tahap produksi. Tahap produksi ini ialah menyalurkan ide atau konsep yang telah dibuat ke dalam brass plate atau copper plate yang telah disiapkan.

 

  • Proses Pemahatan dan Pengukiran Tembaga

Sama seperti pembuatan beberapa kerajinan lainnya, pemahatan dan pengukiran tembaga merupakan salah satu proses yang wajib untuk dilakukan. Akan tetapi proses pengukiran dan pemahatan pada tembaga atau kuningan tidak seperti proses pengukiran pada media kayu.

Sudah terlihat jelas, bahwa tembaga memiliki tingkat yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kayu. Akan tetapi, seorang pengrajin tembaga yang sudah ahli pastinya bisa membuat sebuah kerajinan tembaga yang memiliki nilai seni tinggi.

Dengan tingkat kekerasan yang dimilikinya tersebut, membuat seorang pengrajin tembaga harus lebih sabar dalam membuat sebuah karya yang tidak biasa.

 

  • Finishing

Nah, untuk proses finishing yang satu ini bukan dimaksudkan untuk memberikan warna pada permukaan tembaga. Namun, proses finishing yang dilakukan ialah proses pengamplasan agar bagian permukaan tembaga bisa lebih halus sehingga cat bisa menempel dengan sempurna.

 

Agar semua bagian tembaga bisa tertempel cat dengan baik, proses pengamplasan tersebut juga harus dilakukan secara menyeluruh.

 

Kerajinan tembaga memang menjadi salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi. Tak heran jika harga kerajinan tersebut cukup mahal di pasaran. Namun, hal ini sebanding dengan keindahan seni yang dimilikinya. Tak hanya itu, proses pembuatan kerajinan tembaga pun tidaklah mudah dan membutuhkan kesabaran serta kejelian yang extra tinggi.

 

Jadi tak heran jika kerajinan tembaga memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa kerajinan lainnya. Bagi Anda yang ingin mempercantik sudut rumah, kerajinan tembaga ini bisa menjadi pilihannya.

 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kerajinan tersebut, saat ini sudah banyak yang menjualnya. Bahkan, Anda tidak hanya bisa membeli kerajinan tembaga secara offline, namun Anda juga bisa membelinya secara online.

 

Baca Juga :

5 Solusi untuk mengembangkan bisnis Franchise anda

Jangan Sekali – kali Membuka Bisnis Kuliner Sebelum Tahu 5 Rahasia ini

Bathtub Tembaga Membuat Dekorasi Kamar Mandi Unik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.