Bisnis kuliner merupakan bisnis yang masih menjadi primadona, terutama bagi usaha skala UMKM. Uniknya lagi, pada tahun 2020 ini banyak bisnis kuliner skala UMKM yang di dominasi oleh para pengusaha muda. Banyaknya franchisor maupun franchisee baru di bisnis kuliner menjadi indikasi kuat bahwa bisnis di sektor kuliner ini masih sangant berpotensi di tengah lesunya perekonomian indonesia saat ini.

Di tengah hiruk pikuknya berita tentang pemutusan hubungan kerja belakangan ini, bisnis kuliner menjadi bisnis alternatif bagi mereka yang terkena imbas pemutusan hubungan kerja. Salah satu yang paling diminati adalah bisnis kuliner yang di franchise-kan.

Bisnis franchise adalah salah satu jalan pintas bagi mereka yang ingin berusaha atau ingin menjadi pengusaha. Bisnis franchise yang baik dan sudah mempunyai merek dagang yang paten merupakan kredit tersendiri bagi pengusaha pemula yang ingin memilih dan menekuni bisnis franchise. Lalu apa saja peluang bisnis franchise di bidang kuliner bagi mereka yang ingin terjun dan menekuni usaha ini?.

Bisnis yang relatif stabil

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling stabil diantara bisnis lainnya. Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makan dan bisnis kuliner adalah jawabannya. Banyaknya bisnis di bidang kuliner yang di franchise-kan juga merupakan indikasi bahwa bisnis ini masih laku, relatif lebih banyak peminatnya dan satu lagi, memenuhi kebutuhan pokok utama manusia, yaitu makan. Hingga beberapa tahun kedepan, bisnis ini masih menjadi bisnis favorit. tergantung kreativitas kita dalam mengolah bisnis kita agar menjadi produk yang unik dan disukai konsumen.

Merk dagang dan paten yang jelas

Terkadang, merk ataupun brand suatu produk, terutama produk franchise di bidang kuliner, menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang ingin mengambil franchise dari bisnis kuliner ini. Nama, jenis usaha dan seberapa populer merek dagang dari barang tersebut adalah salah satu poin yang di dilihat oleh calon franchisee tersebut.

Mempunyai SOP dan aturan yang baku

Dalam kegiatan bisnis, apapun jenis dan bidang bisnisnya, SOP atau standar operasional sudah menjadi harga mati bagi binis itu sendiri. Menjalankan sebuah usaha, terutama di bidang kuliner yang di franchise-kan, tanpa adanya SOP yang baku, tentu akan mempersulit operasional usaha itu sendiri. Bisnis franchise yang bagus adalah bisnis yang mempunyai SOP dan tata cara yang baku. Poin ini juga menjadi salah satu pertimbangan calon franchisee dalam memilih sebuah bisnis.

Kemudahan dalam mendapat supplay bahan baku

Bisnis franchise, terutama di bidang kuliner mensyaratkan agar bahan baku langsung disuplai oleh Franchise pusat. Hal ini menguntungkan calon franchisee karena tidak usah memikirkan pengadaan bahan baku karena sudah di sediakan oleh pusat ( Pemilik merk franchise )

Teknik Pemasaran dan pasar yang jelas

Masing – masing bisnis franchise mempunyai teknik pemasaran Ala mereka sendiri. Teknik pemasaran inilah yang juga di turunkan dan di ajarkan kepada franchisee mereka sesuai dengan standar operasional yang mereka buat. Pemasaran lewat online maupun offline adalah teknik yang  secara umum masih digunakan oleh bisnis franchise tersebut. Teknik pemasaran yang beragam dan pasar yang beragam pula, juga menjadi tolak ukur calon franchisee sebelum membeli lisensi bisnis franchise tersebut.

Itulah informasi mengenai peluang bisnis franchise kuliner pada tahun 2020. Apabila Anda membutuhkan hiasan untuk bisnis kuliner Anda.

Anda dapat mencoba salah satu produk kenamaan Indonesia, yakni kerajinan tembaga boyolali. Hasil kerajinan tersebut dapat meningkatkan sisi eksotisme dari ruangan kuliner Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.