Tidak ada salahnya menjaga kebersihan dari audio sound sistem mobil. Di samping demi estetika, tahapan ini juga dominan positif terhadap performa komponen audio layaknya head unit, speaker sampai power amplifier. Simak tips menjaga sistem audio pada artikel ini.

audio sound system mobil

Selama ini semua pengemudi menggantungkan kenyamanan berkendara pada sistem audio agar dapat mengusir kejemuan dalam perjalanan. Sistem audio yang beroperasi lancar dan melantunkan lagu secara sempurna menjadi khayalan seluruh empunya mobil. Namun agar dapat mencapainya Anda mesti memberi perhatian ekstra supaya performa komponen-komponen audio sound sistem tetap prima. Komponen layaknya head unit, speaker, dan power amplifier mesti diperhatikan juga kondisinya dari ancaman debu atau kotoran kecil lainnya.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan audio sistem tidak jauh berbeda dengan yang biasa dipakai untuk membersihkan interior. Alat-alat ini juga tidak susah untuk didapat di supermarket atau toko aksesoris. Seperti kain microfiber yang bakal dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan bidang lumayan luas, inilah tips menjaga sistem audio yang benar

 

Tips Membersihkan Audio Sound Sistem

Adapun tips untuk membersihkan audio sound system dari https://www.bliaudio.com/ adalah sebagai berikut :

  1. Tips Membersihkan Head Unit

Proses membersihkan head unit dapat dimulai dengan menyeka permukaan luarnya dengan kain microfiber. Lakukan dengan belaian lembut dan gerakan searah. Di tombol-tombolnya, Anda dapat menggunakan kuas agar dapat menyingkirkan debu yang terselip. Untuk menjaga audio sound sistem pada komponen head unit ini tidak dianjurkan meniup dengan mini blower sebab itu dapat mengakibatkan debu terbang dan masuk ke slot CV atau USB. Bila mobil Anda memakai layar sentuh, hindari membersihkan dengan memutar lap kain microfiber atau memakai tisu. Sebab serat-serat yang terlepas dapat membuat pembersihan tidak efektif.

 

  1. Tips Membersihkan Speaker

Untuk membersihkan speaker atau tweeter sebagai unsur dari menjaga audio sound sistem tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan kain lap atau kuas. Tetapi tergantung dari posisi speaker karena dapat mengalami tingkat kekotoran yang berbeda-beda. Speaker yang berada di bagian bawah pintu bakal lebih kotor daripada yang ditempatkan di pilar atau door trim atas. Pada momen membersihkan speaker ini Anda dapat memanfaatkan mini blower untuk membuang debu yang menempel.

 

  1. Tips Membersihkan Power Amplifier

Komponen ini seringkali digunakan ketika Anda tidak banyak memodifikasi audio sound sistem mobil. Bila komponen ini terletak di bagasi maka dapat lebih kotor baik di luar maupun dalamnya. Penggunaan vacuum cleaner bakal mempermudah proses pembersihan dalam menjaga kebersihan sistem audio ini. Proses pertama bisa dibuka dari mencuci housing dan berlanjut dengan membuka cover untuk mencuci bagian dalamnya. Proses ini sangat berfungsi untuk memperpanjang umur dan kualitas power amplifier. Karena bila debu-debu disingkirkan maka terhindar dari masalah audio yang cepat panas.

Itulah informasi mengenai cara membersihkan audio sound system, semoga bermanfaat.

 

Tagged with:
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.