Sejak diperkenalkan pada dekade 1950-an, sistem Waralaba sedikit demi sedikit mulai diterima oleh masyarakat Indonesia. Kemunculannya pertama kali diperkenalkan oleh sebuah dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Gelombang kedua muncul pada tahun 1970-an, dimana sistem yang ada tidak hanya pembelian lisensi seperti pada tahun 1950-an tetapi pewaralaba juga memiliki hak untuk memproduksi produknya sendiri.

Kini, Sistem waralaba telah dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Secara perlahan, mereka mulai memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis mereka secara mandiri. Banyak dari masyarkat di indonesia membeli lisensi waralaba di bidang kuliner, Retail mini outlet, pendidikan dan jasa.

Lalu, jenis waralaba apa saja yang populer di indonesia saat ini. Mengingat, kemudahan dalam memulai bisnis dengan sistem waralaba ini telah menjadi tren di masyarakat Indonesia.

1. Waralaba Kuliner

Bidang kuliner merupakan surganya para pewaralaba dalam mencari peluang bisnis. Tren makanan yang selalu inovativ dari hari ke hari, di tambah banyaknya masyrakat yang kini menjadi pemburu kuliner yang bercitarasa khas, unik dan mempunyai ciri khas berbeda dari yang lainnya juga semakin mempopulerkan bidang kuliner sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Gampangnya, selama orang masih membutuhkan makanan selama itu pula bisnis kuliner masih tetap eksis. Tergantung tata cara pengelolaan, sistem dan manajemen yang ter-maintenance dengan baik dan inovasi yang terus menerus.

2. Waralaba Retail / Mini outlet

Minimarket kini telah menjadi status dan kultur budaya masyarakat modern. Mudah di jangkau, dekat dengan pusat keramaian dan lokasi perumahan merupakan nilai lebih yang dimiliki oleh bisnis waralaba di bidang retail ini. Meskipun banyak pro dan kontra tentang  keberadaan bisnis yang semakin menjamur ini, toh masyarakat di Indonesia juga banyak yang berbelanja di tempat ini. Pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin padat, ditambah perubahan status ekonomi yang meningkatkan daya beli masyarakat juga mempengaruhi pertumbuhan bisnis waralaba retail / mini outlet ini. Bahkan beberapa pihak pengelola SPBU juga menjalin kerjasama dengan mereka untuk menambah fasilitasnya. Pemilihan lokasi yang tepat serta menjalin relasi dengan masyarakat merupakan kunci utama jika ingin berkecimpung pada bisnis waralaba retail ini.

3. Waralaba Pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan utama masyarakat Indonesia pada saat ini. Sayangnya, mahalnya biaya pendidikan semakin sulit di jangkau oleh mereka yang berpenghasilan minim. Berangkat dari hal tersebut, peluang ini di tangkap oleh sebagian orang dan di garap dengan serius sehingga menjadi lahn bisnis yang menguntungkan. Bisnis waralaba pendidikan memang masih belum begitu populer di banding bidang waralaba lainnya. Namun perlahan, bisnis ini kini mendapat tempat pada masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang membutuhkan pendidikan tambahan untuk meningkatkan skill dan produktivitas mereka. Banyaknya lembaga kursus dan bimbingan belajar ( Bimbel ) merupakan indikasi semakin populernya bisnis di bidang pendidikan ini. Gairah masyarakat yang membutuhkan tempat belajar dan pendidikan tambahan merupakan peluang bisnis yang akan terus berkembang kedepannya.

4. Waralaba Jasa

Bisnis waralaba di bidang jasa juga mengalami peningkatan pesat dari tahun ke tahun. Semakin banyak kebutuhan masyarakat dewasa ini, di tambah gaya hidup yang modern semakin membuat bisnis waralaba di bidang jasa ini diminati oleh masyarakat. Kebutuhan akan laundry, antar-pesan makanan, pengiriman barang dan sebagainya, merupakan contoh kecil dari bisnis waralaba di bidang jasa. Berkembangnya gaya hidup modern masyrakat, tidak hanya di perkotaan, tetapi mereka yang juga tinggal di daerah pinggiran kota ikut menyuburkan bisnis waralaba di bidang jasa ini. Melihat peluang dan kebutuhan masyrakat, plus mengamati gaya hidup mereka merupakan syarat bagi mereka yang ingin menekuni bisnis waralaba di bidang retail.

Kesemua bidang usaha waralaba ini masih mungkin berubah – ubah. Tergantung selera masyrakat dan kebutuhan mereka.

Itulah informasi mengenai bidang usaha waralaba yang paling diminati di Indonesia, Apabila Anda ingin membuka sendiri bisnis waralaba dan membutuhkan legalitas yang jelas, Anda dapat membuat surat izin usaha melalui jasa pendirian pt bandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.