Rusdin Tahir Belajar adalah upaya untuk tetap bertahan dalam kehidupan

Maret 1, 2008

Riset

Filed under: — Rusdin Tahir @ 10:36 am

Amerika Serikat boleh saja mengalami penurunan peringkat surat utang oleh lembaga pemeringkat internasional, Standard & Poor’s. Namun, Negeri Paman Sam tersebut hingga saat ini tercatat sebagai negara dengan cadangan emas terbanyak di jagat bumi.

Berdasarkan data resmi Lembaga Moneter Internasional atau IMF seperti dikutip World Gold Council, laporan kepemilikan emas beberapa negara di dunia ini dikeluarkan pada Agustus 2011 dengan periode kepemilikan sampai Mei atau Juni 2011.

Dalam laporan tersebut IMF mengungkapkan, daftar kekayaan emas negara ini tidak menyebutkan seluruh negara yang ada di dunia. Selain karena keterlambatan penyerahan laporan kepemilikan emas selama enam bulan, ada juga negara yang memang sengaja tidak melaporkan jumlah kepemilikan emas mereka.

Jumlah kepemilikan emas ini menunjukkan porsi dari nilai emas terhadap cadangan devisa sebuah negara. Untuk menghitung porsi tersebut, World Gold Council menggunakan data harga emas pada Juni 2011 sebesar US$1.505,50 per troy ounce.

Dari laporan terakhir yang dipublikasikan IMF, cadangan emas di dunia mencapai 30.700,1 ton. Wilayah Eropa tercatat memiliki cadangan kekayaan berupa emas sebanyak 10.792,5 ton.

Saat ini, Amerika Serikat masih tercatat sebagai pemilik emas terbesar di dunia. AS diketahui memiliki cadangan emas seberat 8.133,5 ton. Jumlah tersebut mencerminkan 74,2 persen cadangan devisa negara pimpinan Barack Obama tersebut.

Di posisi kedua, Jerman yang terancam mengalami pertumbuhan ekonomi stagnan pada kuartal III-2011, memiliki cadangan emas seberat 3.401 ton. Emas tersebut mencerminkan 71,4 persen dari cadangan devisa dari negara yang memproduksi mobil sedan Mercedes Benz itu.

Kendati bukan sebuah negara, IMF ternyata mencatat kepemilikan emas sebanyak 2.814 ton. Dengan volume emas seberat itu, IMF masuk dalam jajaran tiga besar penguasa emas di jagat bumi.

Dua negara yang berada di posisi keempat dan kelima merupakan negara yang berasal dari Eropa. Sama dengan Jerman, kedua negara ini juga tengah dihadapkan pada krisis utang yang melanda benua biru tersebut.

Pada posisi keempat, IMF mencatat Italia memiliki cadangan emas sebanyak 2.451,8 ton. Jumlah emas tersebut menunjukkan 71,2 persen dari porsi cadangan devisa negara Pizza tersebut.

Sementara itu, menguntit di posisi kelima adalah Prancis. Sebagai ketua kelompok negara G-20 tahun 2011, Prancis memiliki cadangan emas sebanyak 2.435,4 ton. Jumlah tersebut menunjukkan 66,2 persen dari cadangan devisa negara mode itu.

Untuk wilayah Asia, sejumlah negara yang masuk dalam jajaran 10 besar penguasa emas dunia terdapat nama-nama seperti China sebanyak 1.054,1 ton dan Jepang 765,2 ton.

IMF juga mencatat Indonesia saat ini memiliki emas sebanyak 73,1 ton. Emas tersebut diketahui menyumbang porsi cadangan emas Indonesia sebesar 3,1 persen. Dengan cadangan tersebut, Indonesia berada pada posisi 38 dunia mengalahkan negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia sebanyak 36,4 ton.

Tidak ada Komentar »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress