BAB 6
Perkembangan Isu Manajamen untuk E-Government

Rangkuman buku “Impelementing and Managing E-Government ” oleh Richard Heeks

 

Bab ini menjelaskan tentang masalah manajemen yang menonjol akhir-akhir ini. Diantaranya dalam hal kinerja dan kebijakan. Manajemen kinerja adalah salah satu komponen reformasi sektor publik. Teknik ini berasal dari sektor swasta yang dipromosikan di sektor publik. . Dalam manajemen kinerja ada masalah yang sering muncul dalam hal staff, fungsi IS/IT dan kinerja e-government. Kinerja e-government dapat dinilai oleh badan public menggunakan pendekatan yang digunakan oleh masing- masing pemerintah.

Masalah lainnya adalah mengenai kebijakan. Salah satunya adalah kebijakan dalam teknologi. Teknologi memiliki dampak positif maupun negatif. Dampak positif yang dimiliki teknologi salah satunya adalah dalam pengaksesan data menjadi lebih murah, lebih cepat dan lebih mudah. Dampak negatifnya yaitu meningkatnya terorisme global, kasus kejahatan dan sebagainya, dampak ini menjadikan pemerintah membuat kebijakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada terkait teknologi. Diantaranya adalah kebijakan privasi untuk perlindungan data; kebijakan keamanan perlindungan data; kebijakan pada isu-isu lain.

Sekarang ini kita dapat melihat banyaknya isu kebijakan lain yang relevan dengan e-government yaitu: kecacatan atau aksesibilitas, ergonomi, dan penggunaan internet. Kecacatan atau aksesiblitas merupakan teknologi baru yang menawarkan cara untuk mengatasi beberapa hambatan yang dihadapi oleh orang-orang yang penyandang cacat; termasuk hambatan akses terhadap data pemerintahan dan layanan pemerintah. Ergonomi dapat didefinisikan dengan menggunakan pengetahuan karakteristik fisik dan psikologis manusia untuk merancang dan menerapkan teknologi, pengetahuan lingkungan kerja, dan pengorganisasian pekerja.

« »