BAB 10
Penilaian dan Mitigasi Risiko E-Government

Rangkuman buku “Impelementing and Managing E-Government ” oleh Richard Heeks

 

Bab ini membahas tentang penilaian dan mitigasi risiko. Mengingat banyaknya proyek e-government yang gagal, maka penilaian risiko dan mitigasi risiko sangat diperlukan. Ada beberapa pertanyaan tentang penilaian risiko dan mitigasi yakni:

  • Why (mengapa) : tujuan manajemen risiko adalah untuk menghentikan proyek e-government yang gagal.
  • When (kapan) : penilaian risiko dapat dilakukan dengan secepatnya dan untuk mitigasi risiko dapat dilakukan pada titik tertentu.
  • Who (siapa) : yang menjadi tim penilai dan mitigasi adalah sebuah tim kecil dari campuran pemangku kepentingan yang berbeda.
  • How (bagaimana) : caranya akan dibahas pada bab ini!

Penilaian risiko dapat dilakukan dengan cara menganalisis kesenjangan antara realitas saat ini dan asumsi desain proyek e-government. Mitigasi risiko melalui perubahan terjadi dengan pengurangan kesenjangan dengan cara mengubah desain proyek e-government agar lebih menyerupai kenyataan dan mengubah realitas saat ini agar lebih sesuai dengan asumsi dalam desain proyek. Teknik pengurangan kesenjangan khusus untuk menangani tujuan dan nilai pemangku kepentingan berjalan seiring dengan kontinum keterlibatan pengguna akhir yang intens.

Jika terdapat kesenjangan dan tindakan yang beresiko tinggi, terdapat tindakan yang diringkas melalui ZABC:

  • Abaikan e-government prakarsa.
  • Mengubah proyek: Mengubah beberapa parameter inisiatif untuk mencoba membuatnya lebih layak Ini adalah pilihan tindakan ini Itulah fokus utama bab ini.
  • Jadilah egois: Jika inisiatif perubahan nampaknya akan gagal, namun tidak dapat dipicu atau diubah, kemudian fokus pada tujuan pribadi dan keuntungan pribadi yang bisa diekstraksi dari inisiatif seperti pelatihan, keahlian dan pengalaman, uang, atau peralatan.
  • Ubah pekerjaan Anda: Lebih radikal jika Inisiatif e-government nampaknya akan terjadi gagal, berganti pekerjaan baik di masyarakat agen untuk menjauh dari proyek, atau ke organisasi lain

« »