Rizky Lab.

Tugas PSDL 2019 – Remote Sensing

Berikut ini adalah repository Tugas Kelompok PSDL 2019 mengenai Remote Sensing atau penginderaan jauh – Google Drive

Selain itu, untuk membantu pemahaman dan menambah pengetahuan mahasiswa terkait satelit penginderaan jauh, berikut ini disajikan contoh mengenai Landsat 8.

Landsat 8

Satelit Landsat 8 tidak mengambil gambar seperti kamera, tetapi mengambil gambar Bumi menggunakan panjang gelombang cahaya yang berbeda. Masing-masing ‘band’ yang berbeda ini kemudian dapat disusun kembali untuk menceritakan kepada kita berbagai fenomena yang terjadi Bumi.

Satelit Landsat mengelilingi dunia setiap 99 menit, mengumpulkan data permukaan bumi yang dilewatinya. Setelah 16 hari, satelit Landsat telah melewati setiap tempat di bumi, dan mencatat data dalam 11 panjang gelombang yang berbeda. Citra pada panjang gelombang individu ‘single band’ dapat digabungkan untuk membuat citra komposit yang berwarna, dengan kombinasi yang berbeda dari 11 band maka satelit ini mampu mengungkapkan informasi yang berbeda mengenai kondisi tutupan lahan di permukaan bumi.

Melalui video dibawah ini, the Earth Resources Observation and Science (EROS) Center mencoba menjelaskan gambaran bagaimana Landsat 8 mengorbit Bumi. Diperlukan 16 hari untuk menangkap citra seluruh dunia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top