Melanjutkan Studi Doktor Administrasi Bisnis di Polandia

photo with Belka
Mulai Oktober 2012, melalui program beasiswa BLN dari Dikti, saya mendapatkan amanah untuk melanjutkan studi saya pada program Doctor Business of Administration (DBA) pada Institute of Economics Polish Academy of Sciences, Warsaw, Poland. Untuk itu saya mohon maaf dan ijin kepada stakeholder (keluarga, pimpinan, kolega, maupun mahasiswa) untuk belum bisa optimalnya pelayanan selama proses saya menyelesaikan studi saya. Juga untuk semua, mohon doanya untuk kelancaran studi dan keselamatan dan keluarga saya yang di Indonesia.

Sekilas mengenai studi saya, tempat saya studi adalah institusi pendidikan dari pemerintah Polandia yang memberi kesempatan kepada mahasiswanya untuk berinteraksi dan belajar langsung dengan beberapa pimpinan pemerintah Polandia, salah satunya Prof.Marek Belka (dokumentasi di atas) yang merupakan mantan perdana menteri Polandia dan saat ini menjabat sebagai direktur Bank Sentralnya Polandia. Beliau dianggap berjasa dalam mengakselerasi pertumbuhan positif ekonomi di Polandia disaat banyak negara Eropa mengalami krisis ekonomi.

Saya sadar sepenuhnya bahwa studi saya ini menggunakan dana dari pemerintah Indonesia, yang notabene sumbernya dari rakyat juga. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban saya juga untuk memanfaatkan seoptimal mungkin apa yang saya dapatkan selama studi untuk kemajuan rakyat bangsa Indonesia juga. Meskipun sebenarnya tanpa embel-embel menggunakan dana rakyatpun, saya sudah dengan senang hati berpartisipasi untuk kemajuan my beloved country, Indonesia. Untuk itu, interest penelitian studi saya ada pada pengembangan sektor Usaha skala Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mengapa UMKM ? Sederhana … Data Statistik tahun 2011 menunjukkan bahwa dari total seluruh unit usaha di Indonesia, sebesar 99% itu merupakan UMKM, dan 97,3% dari total seluruh angkatan kerja di Indonesia juga tergantung pada sektor UMKM ini. Hmm … area mengabdi yang cukup seksi bukan ?

4 thoughts on “Melanjutkan Studi Doktor Administrasi Bisnis di Polandia

  1. Seru kali ya dapat beassiswa di Polandia. Negara yang ga terlalu diekspose tapi punya pendidikan bagus. Gimana mas alur ngedapatin beasiswa di sana.

    • Ya Polandia sebenarnya termasuk negara alternatif yang favorit untuk destinasi pendidikan negara-negara Eropa timur dan tetangganya. Karena selain letaknya strategis di tengah-tengah Eropa, akses mudah, sudah gabung EU, juga biaya hidup yang relatif murah dibanding negara maju lainnya. Hanya saja memang kurang menariknya karena faktor bahasanya yang sulit dan tidak populer. Tapi sekarang sudah mulai banyak program international yang menggunakan Inggris sebagai pengantarnya. Akhir-akhir ini juga sudah mulai banyak mahasiswa Indonesia yang studi di sini, baik itu beasiswa, maupun biaya sendiri. Kalau saya kebetulan beasiswanya dapat dari Dikti Indonesia. Untuk beasiswa lain teman-teman bisa memanfaatkan beasiswa Erasmus juga. Ada teman juga memanfaatkan beasiswa dari universitas sini, kalau itu skemanya yang bersangkutan ikut “kerja” support dalam project Profesornya, nah bagusnya selain dibayar sebagai pekerja juga prosesnya bisa di anggap studi PhD.

    • Jaman sekarang banyak skema beasiswa LN baik dari LN maupun DN. Rata2 syaratnya cuma fokus dapat nilai minimal di sertifikasi inggris (TOEFL/IELTS). Sukses ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *