Penelitian Rancangan West Java Partnership di Propinsi Jawa Barat

wjpjabar
Penelitian yang dilaksanakan sekitar 4 bulan di tahun 2011 ini, terselenggara atas kerja sama Badan Koordinasi dan Promosi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) di Propinsi Jawa Barat dengan LPBK (Laboratorim Pengembangan Bisnis dan Kelembagaan) Prodi kami. Tim peneliti ini di ketuai oleh Bapak Dr.Anang Muftiadi, dan saya sebagai salah satu anggotanya. Latar belakang penelitian ini adalah atas inisiatif pihak BKPMD Jabar untuk merancang suatu organisasi dengan nama konsep West Java Partnership (WJP) yang fleksibel dan profesional, yang memiliki peran strategis sebagai pengakselerasi invesitasi di propinsi Jawa Barat. Targetnya rancangan organisasi ini rencananya akan di sosialisasikan oleh Gubernur Jabar pada momen ulang tahun Jabar.

Metode kajian yang digunakan adalah analisis deskripsi dengan penggunaan sumber data primer maupun sekunder. Sedangkan hasil akhir dari kajian ini adalah :
1. Analisis karakteristik, potensi, masalah, serta kecenderungan investasi di Provinsi Jawa Barat.
2. Analisis aspek-aspek yang terkait dengan kebutuhan pembentukan WJP di Jawa Barat.
3. Analisis hasil studi komparatif dengan lembaga sejenis WJP di negara sampel di tingkat Asia.
4. Rekomendasi rumusan strategis pembentukan WJP di Provinsi Jawa Barat dan Rancangan Peraturan Daerah mengenai Pembentukan WJP di Jabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *