Penelitian Optimalisasi Manajemen Organisasi dan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Cibabat Kota Cimahi

rsud
Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan di Tahun 2010 dan terselenggara atas dasar kerja sama Pemerintah Kota Cimahi dengan Laboratorium pengembangan Bisnis Program Studi Kami (LPBK). Penelitian ini dilaksanakan atas dasar permintaan dari Walikota Cimahi pada saat itu agar dilakukan kajian untuk dapat mengoptimalkan Fungsi Manajemen Organisasi dan Kualitas Pelayanaan khususnya pada RSUD Cibabat Cimahi, dimana RSUD ini bentuknya BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) semacam Perusahaan Daerah sehingga memiliki fleksibilitas untuk mengatur keuangannya sendiri berasaskan efisiensi dan produktivitas. Penelitian ini diketuai oleh Bapak Bambang Hermanto,M.Si., dan saya sendiri salah satu anggotanya. Selain itu Tim Penelitian ini juga didukung oleh tenaga ahli dari Fakultas Kedokteran Unpad, yakni Ibu Dr. Elsa Pudji Setiawati, dr. MM dan Fakultas Ilmu Keperawatan Unpad yakni Ibu Hana Rizmadewi Agustina, S.Kp., MN.

Metode yang digunakan adalah survey dengan analisa deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah :
1. Diperoleh analisis mengenai manajemen organisasi RSUD Cibatat, sehingga dapat dimanfaatkan oleh manajemen untuk optimalisasi kinerjanya.
2. Diperoleh informasi mengenai persepsi tingkat layanan dari pasien di RSUD Cibabat, sehingga dapat digunakan oleh RSUD maupun Pemerintah Kota Cimahi dalam
rangka memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat.
3. Memperoleh rekomendasi untuk mengoptimalkan PD-BLUD RSUD Cibabat Kota Cimahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *