Analisis Pengembangan Investasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Purwakarta

ukmpwkrta
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 selama kurang lebih 4 bulan ini menganalisa mengenai investasi – khususnya pada bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) – di Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan Laboratorium penelitian di Jurusan kami (LPBK). Untuk pelaksana penelitian ini dilakukan oleh tim yang diketuai oleh Dr. Anang Muftiadi, dan saya sebagai salah satu anggota penelitinya. Latar belakang masalah penelitian ini adalah meskipun kondisi UMKM di Kabupaten Purwakarta secara kuantitas banyak menjadi tumpuan utama masyarakat, tetapi berbagai hambatan yang menyebabkan kondisi UMKM tersebut tidak dapat tumbuh secara optimal.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan potensi UMKM dan ajuan rekomendasi dalam upaya membangun iklim investasi pada UMKM di Kabupaten Purwakarta. Metode peneltian ini adalah survey dengan fokus obyek teliti pada prospek dan 4 UMKM unggulan di Kabupaten Purwakarta, yaitu : Usaha keramik, topi (bordir), makanan dan minuman (semping), dan manggis. Hasil akhir penelitian ini adalah gambaran usaha UMKM – khususnya pada 4 usaha unggulan – dan ajuan rekomendasi untuk strategi investasi untuk membangun UMKM unggulan di Kabupaten Purwakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *