Analisis Kinerja Berbasis Balanced Score Card Pada Koperasi Di Kabupaten Cianjur

koperasicianjur
Penelitian ini mengenai analisis Kinerja suatu Koperasi di Kabupaten Cianjur. Menarik mengkaji koperasi karena selama ini salah satu bentuk badan usaha yang dianggap paling sesuai dengan jiwa masyarakat Indonesia ini dianggap belum banyak berkontribusi pada pembangunan Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2009, selama kurang lebih 4 bulan, memanfaatkan skema dana Penelitian Muda (Litmud) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unpad, dimana saya disini sebagai ketua tim peneliti.

Metode penelitiannya adalah studi kasus dengan jenis penelitian Desktriptif Analisis. Obyek penelitiannya adalah KUD Cipanas. KUD ini dijadikan obyek teliti dikarenakan tersebut merupakan salah satu koperasi dengan skala usaha yang cukup besar serta memiliki sejarah prestasi yang cukup membanggakan. Yang dijadikan populasi di KUD ini, adalah seluruh pengurus dan karyawan KUD yaitu sebanyak 32 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel, karena ukuran populasi yang tidak terlalu besar. Untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik trigulasi, baik itu sumber maupun teknik pengumpulan data.

Kesimpulan Hasil pengukuran kinerja KUD Cipanas berbasis Balanced Scorecard yang diukur dari 4 perspektif, yakni keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran, secara umum dapat dikatakan sudah baik. Hal ini terlihat dari rasio keuangannya, tingkat layanan anggota, serta penggunaan sistem operasi berbasis komputer yang telah berjalan dengan baik. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, diantaranya efisiensi usaha dan peningkatan kompetensi anggota, terutama anggota yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *