Koordinator Pelatihan Perbankan Syariah di FISIP Unpad Jatinangor

syariahbi
Bermula dari MoU yang dilakukan jurusan Ilmu Administrasi Niaga (Sekarang Bisnis) FISIP Unpad dengan Bank Muamalat, tentang kerjasama dalam melaksanakan pelatihan perbankan syariah, akhirnya Jurusan menugaskan Tim pelaksana dengan saya sebagai koordinator. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni 8-9 Mei 2007. Berikut sekilas pelaksanaanya =

1. PERSIAPAN
Panitia mengadakan rapat-rapat awal, untuk membahas agenda :
a. menyamakan visi & bagi tugas
b. persiapan mencari sponsor/donatur
c. persiapan mencari peserta/market

2. MENCARI SPONSOR/DONATUR
Panitia menyebarkan proposal sebanyak 14 set, dengan hasil :
a. 3 proposal diterima : Pertama dari Bank Indonesia, kerjasama menyediakan nara sumber untuk hari I, dan donatur sebesar Rp.1.000.000,-. Lalu kedua dari
PJTV, untuk kerjasama iklan & publikasi. Dan ketiga, dari Alif Bakery, untuk pemberlakuan diskon 10% untuk penyediaan snack.
b. 2 proposal masih dalam proses : pertama oleh Pemprov Jabar, dan kedua oleh Dispenda Pemprov Jabar.
c. 9 proposal ditolak.

3. MENCARI PESERTA/MARKET
Panitia menerapkan dan menjalankan strategi marketing sebagai berikut :
a. menempelkan pamflet : di lingkungan Fisip Unpad Jatinangor, di Mesjid Unpad Jatinangor, di Pasca Unpad Bandung, di Fisip Dago Bandung, di Unpad
Dipatiukur Bandung, di Universitas Lalangbuana Bandung, di Ikopin Jatinangor.
b. Titip tempel pamflet ke pihak DKM Fakultas Mipa, Fikom, Fasa, Fapet, Faperta, FK, Dan Fpsi Unpad Jatinangor.
c. Mengumumkan pamflet ketika perkuliahan di kelas.
d. Titip pamflet ke dosen Ani untuk diumumkan ketika perkuliahan di kelas.
e. Penjualan secara personal.
f. Publikasi Iklan di PJTV & Radio Kampus Unpad Jatinangor.

Hasil dari penerapan strategi marketing tersebut :
a. daftar peserta 75 orang, terdiri dari : 64 orang dari Prodi Ani Fisip Unpad, 2 orang dari Prodi Ane Fisip Unpad, 2 orang dari RKPD Bandung, 1 orang dari
Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad, 1 orang dari Prodi Antropologi Fisip Unpad, 1 orang dari Fasa Arab Unpad, 1 orang dari Fikom Unpad, 1 orang
dari Prodi Manajemen FE Unpad, 1 orang dari Ikopin, dan 1 orang dari masyarakat umum.
b. daftar 3 orang peserta dengan cara baru membayar DP, tetapi absen pada saat pelatihan.

4. PELAKSANAAN
a. Untuk pelaksanaan panitia menyiapkan :
– ijin gedung D lantai 2, Fisip Unpad Jatinangor
– surat permohonan kepada Dekan Fisip Unpad untuk membuka acara
– belanja training kit peserta sebanyak 8 lusin
– Snack untuk 185 kotak
– produksi CD modul 85 keping
– sertifikat 85 lembar
– tiket 85 lembar
– kartu Shar’e Muamalat 75 paket
– lembar evaluasi 85 lembar
– daftar nama peserta
– 1 spanduk
– 12 penunjuk arah tempat acara
– setting ruangan & sarana pelatihan lainnya

b. Untuk jadwal kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut :
HARI I = 12.30 -15.15 = acara dibuka oleh dekan FISIP Unpad dan dilanjutkan dengan materi Kebijakan BI tentang Bank Syariah oleh Pemateri dari BI
HARI II= 12.30 -15.25 = materi Perbankan Syariah oleh Pemateri dari Bank Muamalat

c. Hasil dari pelaksanaan kegiatan, adalah :
Hari pertama (Selasa, 8 Mei 2007) : tempat pelatihan pindah ke gedung D lantai 3, karena tiba-tiba rencana tempat semula digunakan acara oleh dekan. Acara dibuka oleh dekan, lalu materi diisi oleh ibu Ellysma dari Bank Indonesia. Kondisi peserta cukup antusias, karena pembicara yang cukup aktraktif dan mampu membangun suasana. Proses acara hari ini serta wawancara kepada dekan, diliput oleh PJTV. Acara bubar setelah proses tanya-jawab dan pengumuman panitia.

Hari kedua (Rabu, 9 Mei 2007) : tempat pelatihan tetap di gedung D lantai-3. Setelah dihantarkan oleh MC dan Moderator, acara di isi oleh Pak Iqbal dari Bank Muamalat Cabang Buah Batu Bandung. Kondisi peserta datar, karena pembawaan pembicara yang datar juga. Setelah proses tanya jawab, pengumuman panitia, pengisian formulir Muamalat dan lembar evaluasi, serta ditutup dengan doa. Acara berakhir dan peserta langsung dibagikan sertifikat, CD modul dan paket kartu Shar’e dari Muamalat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *