Penelitian Tesis : Pengaruh Pelatihan SDM dan Sistem Informasi SDM Terhadap Kinerja SDM Berbasis Human Resource Score Card Pada PT.BKS di Kota Jakarta

DSC05290
Untuk menyelesaikan studi S-2 saya, Saya menyusun tesis saya yang meneliti tentang pengaruh pelatihan sistem informasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelatihan SDM terhadap kinerja SDM yang diukur berbasis Human Resource Scorecard (HRSC) di PT.BKS Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2004 selama sekira 5 bulan, dengan pembimbing 1 adalah Bapak Prof.Dr.Maman Kusman dan Ibu Prof.DR.Erni Trisnawati Sule sebagai pembimbing 2. Dasar memilih tema penelitian ini adalah karena dulu saya sedang bekerja di salah satu LSM dan konsultan yang bergerak di bidang pelatihan SDM. Sedangkan Sistem Informasi dipilih dikarenakan pendalaman yang pernah saya teliti di S-1 dulu. Sedangkan Kinerja SDM berbasis HRSC ini pada dasarnya adalah konsep pengembangan kinerja organisasi yang berbasis Balanced Scorecard, hanya saja pada konsep HRSC lebih dititik beratkan pada bidang SDM saja, sehingga penilaian kinerja SDM-nya bisa lebih dikuantitatifkan. Sedangkan Obyek telitinya di PT.Bringin Karya Sejahtera (BKS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang developer / kontraktor / properti yang kebetulan pada saat itu Bapak saya jadi pimpinannya, jadi dapat mempermudah proses penelitian.

Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan menggunakan analisis data statistik path analysis. Sampel yang digunakan adalah 52 pegawai yang diambil secara proportionate random sampling. Kesimpulan umum yang didapat adalah Pelatihan SDM dan Sistem Informasi SDM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja SDM berbasis HRSC. Adapun saran yang diajukan adalah perlunya Training Need Analysis pada program pelatihannya, perlunya update data dan peningkatan keterampilan SDM pada sistem informasi SDM nya, serta perlunya penerapan profil kompetensi SDM agar penilaian SDM dapat lebih terukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *