Penelitian Skripsi : Hubungan Fungsi Sistem Informasi Pertanahan dengan Efektivitas Penerbitan Surat HAT di Kantor Pertanahan Kota Bandung

bpn_kota_bandung
Untuk penyelesaian pendidikan S-1 saya, saya meneliti tentang hubungan fungsi sistem pertanahan dengan efektivitas penerbitan surat Hak Atas Tanah (HAT) di Kantor Pertanahan Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan sekira tahun 2000-2001 selama kurang lebih 8 bulan dengan pembimbing pertama Bapak Prof.Asep Kartiwa, dan Ibu Dr.Sintaningrum sebagai pembimbing kedua. Pada dasarnya penelitian ini dilakukan karena dulu saya sedang tertarik mendalami sistem informasi dan pemilihan kantor pertanahan sebagai obyek teliti saya dikarenakan posisinya yg strategis (dekat rumah saya maksudnya).

Penelitian ini menggunakan metode explanatory research pada 68 responden yang disampling secara proportionate random sampling. Analisis datanya menggunakan konsep korelasi product moment. Dan kesimpulan secara umumnya adalah terdapat hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut, dan ajuan hipotesis diterima. Penelitian ini juga merekomendasikan saran berkisar pada update sarana, peningkatan pegawai baik secara kuantitas maupun kualitas, serta pelimpahan wewenang yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *