Penelitian mengenai Efektivitas Pelaksanaan Program Community Development Sebagai Wujud Corporate Social Responsibility Di PT. Chevron Kab. Garut.

chevrongrt
Penelitian ini mencoba mengukur Efektivitas Pelaksanaan Program Community Development (CD) Sebagai Wujud Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT. Chevron Kab. Garut. Penelitian di tahun 2007 ini didanai LPM Unpad, sebagai kategori peneliti muda (litmud), dan saya sebagai ketua penelitinya. Latar belakang mengapa penelitian perlu karena selama 10 tahun PT.Chevron telah menyalurkan dana CD-nya sekira 1,3 juta US dollar, tetapi belum berhasil membentuk citra positif di masyarakat sehingga bupati setempat menolak untuk menyetujui proyek perluasan PT.Chevron.

Metode penelitian ini adalah metode analisis desriptif dengan sumber data kuesioner dan wawancara pada pihak pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Adapun kuesioner disebar kepada 49 Kepala Keluarga di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, dengan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Adapun kesimpulan umum dari penelitian ini adalah pelaksanaan program CD PT.Chevron secara belum efektif, dan beberapa saran perbaikan yang diajukan adalah perlunya komunikasi dan koordinasi yang lebih baik kepada masyarakat dan pihak Bappeda terkait program yang akan dilaksanakan dan sesudah dilaksanakan. Lalu perlu disusun rencana strategis program agar tercipta program yang tepat, komprehensif dan berkelanjutan, dan perlu melibatkan pihak yang berkompten dalam pengembangan CD seperti Institusi Pendidikan.

Ada yang menarik dari penelitian ini. Pasca penelitian ini, ternyata hasil penelitian yang di publish oleh pihak LPM Unpad, terbaca oleh pihak Badan Atom Nasional, sehingga beberapa kali saya diajak konsultasi tentang perancangan program CD-nya mereka. Setelah beberapa kali, akhirnya konsultasi ini diteruskan oleh istri saya yang memang lebih pakar tentang community development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *