Konsep METODE dan MEDIA Pembelajaran di Perkuliahan

DSC05294
Metode pengajaran kuliah yang saya ajar, pada dasarnya mengacu pada konsep Andragogy atau pembelajaran untuk orang dewasa, dimana pengajaran ini menempatkan mahasiswa sebagai orang dewasa dan subyek belajar, bukan hanya obyek. Dalam hal ini pada prinsipnya dosen berperan sebagai fasilitator yang mana artinya transfer pengetahuan bukan hanya didominasi oleh dosen, tapi dosen juga berpeluang untuk belajar atau mendapat pengetahuan dari mahasiswanya. Jadi dengan demikian, akan selalu ada share dan penambahan pengetahuan dan pengalaman baru pada setiap pertemuan kuliah.

Untuk mendukung pelaksanaan pengajaran berbasis Andragogy ini, maka Metode-Metode pengajaran yang digunakan antara lain: Ceramah, Tanya-Jawab, Studi Kasus, Diskusi Kelompok, Simulasi Games, Penugasan, Role Play, Proyek, dsb.

Sedangkan Media yang digunakan untuk mendukung pengajaran adalah: Media Visual, Audio, dan Video (Audio-Visual).

Proses pembelajaran juga didukung dengan penggunaan alat bantu seperti: LCD, laptop, sound system, whiteboard dan spidol.

Sejak tahun 2011, sedang disosialisasikan penggunaan e-learning unpad untuk optimalisasi proses pembelajaran. Dalam hal ini masih uji coba salah satu mata kuliah saya, yakni mata kuliah: Teori Pengambilan Keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *