Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengurus pembayaran pajak 1 tahun

Proses pembayaran ini saya lakukan pada pertengahan bulan Maret 2018 di Samsat Garut sehingga mungkin saja terjadi perubahan di kemudian hari ketika para pembaca melakukan pengurusan pembayaran pajak dengan yang saya lakukan. Hal ini terjadi dikarenakan tiap daerah akan berbeda dan menyesuaikan dengan ketentuan dari masing masing Samsat.

Pertama-tama, datang ke Ruang Informasi kemudian akan ditanyakan oleh petugas apakah akan mengurus pembayaran pajak 1 tahun atau STNK 5 tahun. Karena saya akan memproses pembayaran pajak 1 tahun, maka saya menyerahkan syarat2nya yaitu ektp asli/suket KTP, STNK asli dan STKD asli yang nantinya oleh petugas di masukan ke dalam map. Berikut gambaran persyarakatan pengurusan pembayaran pajak yang telah saya foto di ruang informasi.

Disini proses nya berlangsung cepat, kita langsung diarahkan Ke Layanan informasi dan pengaduan di bagian kiri gedung samsat Garut..disuruh untuk menyerahkan berkas ke petugas..tunggu beberapa saat sekitar 3-5 menit..nanti akan dipanggil dan diberikan nomor antrian

Selanjutnya kita diarahkan ke Loket 1 pendaftaran dan penetapan..berkas yang ada di ruang sebelumnya di ambil dan diserahkan ke loket 1 ini..

Kemudian tunggu sekitar 15-20 menit, kita akan dipanggil di loket untuk melakukan pembayaran pajak..dengan menyerahkan uang dan memperlihatkan nomor antrian

Setelah itu, sekitar 3-5 menit kita akan dipanggil oleh petugas di loket pengambilan untuk diberikan skdp baru dan ektp dan STNK nya. Proses pembayaran pun selesai. Silahkan cek data-data yang ada di dalam skdp yang baru barangkali ada yang salah. Masukan kembali surat tersebut kedalam plastik pelindung yang biasa untuk dipakai STNK.

Demikian proses pembayaran pajak tahunan yang dilakukan di Samsat Garut. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang belum tahu atau penasaran tentang proses tahapan pembayaran ini dan menurut saya proses pembayaran pajak ini tidak ribet dan mudah, hanya cukup lama menunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk mengurus semuanya

Terimakasih

Kali ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya menghilangkan rasa jenuh mengerjakan tugas akhir hehe

Pada tangggal 10 september 2017 kemarin saya diajak oleh teman masa sma untuk ‘main’ ke salah satu objek wisata di kab garut yaitu Talaga Bodas..ini adalah kali kedua saya ke talaga bodas setelah sebelumnya pernah datang 3 tahun lalu..makanya saya cukup penasaran dengan kondisi talaga bodas sekarang dengan kondisi nya 3 tahun lalu..apakah sama atau beda..

Bagi kalian para pembaca yang belum tahu, Talaga Bodas ini terletak secara administratif di Desa Sukamenak, wanaraja, Garut. Wilayah ini berada di dalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat. Read on »

Bismillahirahim..

Salam kenal semua..

Ini adalah postingan ‘pertama’ saya di blog ini. Saya berkeinginan untuk membiasakan menulis hal-hal yang saya alami pada diri saya maupun tentang geologi (sepengetahuan saya) karena saat saya menulis ini saya sedang sekolah di jurusan geologi..

Mudah-mudahan postingan kedepan dapat memberikan manfaat dan menjadi sarana berbagi pengalaman dengan pembaca walaupun mungkin postingan dari saya tidak akan rutin atau menarik untuk dibaca hehe

Blog ini adalah sarana bagi saya belajar. Belajar untuk berinteraksi dan mengembangkan diri saya. Untuk itu pasti banyak kekurangan..dan harapannya bagi para pembaca dapat memahami dan dapat memberika saran bagi saya untuk membuat tulisan lebih baik lagi..

sekian

demikian perkenalan dari saya
terimakasih..selamat membaca!