Analisis Website Pemerintah Kota Cimahi

Posted on: Friday, May 13, 2011

Nama         : Reza Irfansyah

NPM           : 170110090017


KOTA CIMAHI terletak di provinsi Jawa Barat. Diapit oleh Kota Bandung di sebelah timur dan Kabupaten Bandung Barat di sebelah barat. Cimahi resmi menjadi kota otonom sejak 21 Juni 2001, setelah sebelumnya menjadi bagian dari Kabupaten Bandung. Untuk melayani masyarakat secara lebih baik lagi, pemerintah kota cimahi membuat sebuah website yang beralamat di www.cimahikota.go.id . Di dalam website ini, terdapat berbagai macam  informasi dan data yang dapat diakses dengan mudah, bahkan untuk orang awam yang tidak melek internet sekalipun.

logo kota cimahi

Menurut pendapat saya, Tampilan atau Layout website ini cukup menarik. Background sederhana dengan warna hitam dan abu-abu selaras dengan warna lainnya, seperti merah, putih dan kuning. Semboyan Saluyu Ngawangun Jati Mandiri terlihat jelas di bagian atas website. Menu bar pun disusun rapi. Mulai dari home, sekilas kota cimahi, pemerintahan, data, prestasi profil, dan galeri. Kemudian di bawah menu bar tersebut terdapat berita teraktual tentang kegiatan yang tengah dilakukan oleh pemerintah Kota Cimahi, lengkap dengan fotonya. Tak lupa ada kolom search, yang memudahkan pengunjung website itu untuk mencari informasi atau data yang diinginkan.

tampilan awal website kota cimahi

Mari kita lanjutkan ke analisis menu bar. Di menu home terdapat tampilan awal dari website ini. Menampilkan berita teraktual dari pemerintah Kota Cimahi, beragam objek wisata, dan lainnya. Di menu sekilas Kota Cimahi terdapat fitur-fitur yang cukup menarik. Diantaranya sejarah, peta, pariwisata, lambang, data, fasilitas umum. Fitur-fitur ini yang memberikan informasi sekilas mengenai Kota Cimahi, mulai dari sejarah terbentuknya, tempat pariwisata, sampai fasilitas umum yang dimiliki oleh Kota Cimahi. Di sebelah menu sekilas Kota Cimahi, ada menu pemerintahan. Fiturnya pun lengkap. Mulai dari visi misi, yang didalamnya terdapat renstra (rencana strategis), RJPMD (Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah), dan struktur organisasi, lalu ada sub menu dinas dan lembaga teknis yang memuat tentang sekretaris daerah, badan, kantor, kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Cimahi, serta dilengkapi sub menu produk hukum yang memuat Peraturan Daerah, APBD, Peraturan Walikota, ILPPD, dan DPA. Bergeser ke kanan, terdapat menu Data. Menu ini menyajikan data yang komplit. Mulai dari data pasar, perizinan, kesehatan, penanaman modal, pendidikan Kota Cimahi, Profil Cimahi 2009, Cimahi dalam angka, potensi ekonomi, keuangan sampai data kependukan. Kemudian ada menu Prestasi, dan yang terakhir terdapat menu Profil, yang memuat biodata dari Walikota dan Wakil Walikota Cimahi.

Selain menu bar yang menarik, di website itu dipampang agenda kegitan yang akan dilakukan oleh pemerintah Kota Cimahi dalam waktu dekat. Artikel-artikel pilihan juga ditampilkan. Link yang terkait juga ditampilkan. Pilihan bahasa juga menjadi salahsatu nilai tambah di website ini. Ada bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Portugis,  Rusia, Spanyol, dan Thailand yang dapat kita pilih. Ada juga kolom pengumuman di sebelah kanan website ini. Selain itu terdapat juga forum dan buku tamu untuk menyalurkan aspirasi masyarakat. Ada juga iklan layanan masyarakat . Terlebih lagi, pemerintah Kota Cimahi memiliki fanpage resmi di facebook, akun twitter, dan internet mobile yang terintegrasi dengan website ini.

tampilan dalam bahasa arab

Dari segala kelebihan yang telah saya paparkan di atas, ada sedikit kekurangan dalam website ini. Buku tamu dan forum terkesan hanya sebagai wadah penampung aspirasi saja. Masyarakt hanya diberi fasilitas untuk menyuarakan aspirasinya, tanpa ditanggapi oleh pemerintah setempat. Aspirasi masyarakat, baik berupa saran atau kritik pedas dibiarkan begitu saja tanpa ada jawaban dari pihak pemerintah sendiri.

Menurut teori E-Government atau E-Gov dari PBB, terdapat tiga tahapan E-Gov:

1.      Publish

Website pemerintah yang memasang informasi dan data untuk diakses oleh masyarakt secara online.

2.      Interact

Website pemerintah yang telah terjadi komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyrakat. Masyarakat melakukan diskusi dengan pemerintah baik secara langsung (chatting, teleconference) maupun tidak langsung (e-mail, frequent ask question).

3.      Transact

Website pemerintah yang memasang informasi, terjadi interaksi dua arah, disertai dengan perpindahan uang dari satu pihak ke pihak lainnya.

Berdasarkan  teori tersebut, website ini tergolong ke dalam kategori publish. Sebagiaimana telah dijelaskan sebelumnya, website ini hanya memajang informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari data tentang organisasi pemerintahan, pasar, fasilitas umum, perda sampai data kependudukan. Di website ini masyarakat hanya dapat mendownload produk perundang-undangan, syarat-syarat perizinan, berbagai data statistic, informasi dari berbagai instansi pemerintah daerah. Website ini belum dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.

Dengan adanya website ini diharapkan pemerintah Kota Cimahi dapat melayani masyarakat lebih baik dari sebelumnya. Selain itu semoga website ini juga dapat membantu mengakses informasi yang dibutuhkan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Cimahi.

About this blog

Malorum prompta volutpat eum ut, ei dicta vocent prodesset cum. Ut mei alienum probatus scribentur, noluisse vituperata dissentias ex vis, usu nisl porro euripidis no. Iuvaret detraxit ne vim, usu hinc dicat qualisque ad.

Categories

Categories

Archives

May 2011
M T W T F S S
    Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  


Avatar

nikokurnia

May 13th, 2011 at 01:16
Permalink this comment

1

blognya keren banget :matabelo

- P E R T A M A X -