Founder Dompet Duafa Bapak Erie Sudewo menekankan 3 Hal Penting Kepada Penggerak Socio Preneur Sacita Muda dan The Local Enablers

Sacita Muda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Saat ini sacita memiliki empat unit bisnis yang sedang dikembangkan, yaitu Sacita School of Social Business, TRAK (Biobriket), Janaka Beras Jagung, dan Sacita Research. Sabtu, 24 November 2018 pukul 15.30 wib Sacita Muda menginisiasi Temu Inspirasi. Temu Inspirasi merupakan kegiatan menghadirkan pembicara guna membagikan pengalamannya selama berkarir terutama dalam bidang Wirausaha Sosial. Tidak tanggung-tanggung, Sacita Menghadirkan pembicara yang luar biasa. Sacita Menghadirkan Bapak Erie Sudewo. Beliau merupakan Founder Dhuafa, pembina Sinergi Foundation, Serta pegiat Kepemimpinan dalam Wirausaha Sosial.

Temu Inspirasi ini berlangsung di lantai 2 Gedung Sinergi Foundation, Bandung. Kurang lebih selama 2 jam, beliau memaparkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pergerakan. Baik itu pergerakan diri pribadi, organisasi, dan pergerakan Social Enterpreneur. Pertama, pergerakan diri pribadi. Maksudnya, bagaimana pribadi ini bisa berkarakter. Beliau menyebutkan 10 perusahaan terbaik karena CEO yang berkarakter dan 10 perusahaan terburuk karena CEO yang egois. Dari sini kita bisa mengambil pelajaran, bahwa Egois bukanlah sebuah karakter yang baik terutama buat pegiat Socio Preneur. Kedua, Pergerakan organisasi, yaitu, bagaimana sebuah organisasi bergerak. Sebagai awalan, kita perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan, yaitu mengapa organisasi didirikan, mengapa organisasi harus berjalan, dan apa dampak yang akan diberikan kedepannya. Terakhir, yaitu pergerakan Socio Preneur.  Untuk pergerakan ini, tidak hanya laba yang jadi tujuan, akan tetapi impact yang berkelanjutan.

Dalam pergerakan, Bapak Erie Sudewo menekankan 3 hal yang harus ditanamkan. Yaitu kejujuran, tidak egois dan disiplin. Dengan kejujuranlah kita bisa dipecaya. Dengan tidak egoislah kita akan banyak yang mensupport karena tidak memikirkan diri sendiri. Dan, dengan disiplinlah kita akan mendapatkan reputasi yang baik.

Acara ini pun berakhir dengan rasa senang dan semangat baru yang tumbuh di anak-anak binaan Sacita. “Ya, saya sangat senang anak-anak bisa mendapatkan ilmu dari acara ini”, ungkap Kak Hanif selaku MC Temu Inspirasi. Terakhir, dengan Temu Inspirasi ini Sacita berharap anak-anak binaannya mendapatkan bekal guna mengarungi kehidupan Social Enterpreneur. 

 

 

Pidi Apriyadi

Anak Bina Sacita Muda

Jatinangor, 24 November 2018

About pidiapriyadi

Mahasiswa S1 Sastra Arab Unpad 2016.

2 comments on “Founder Dompet Duafa Bapak Erie Sudewo menekankan 3 Hal Penting Kepada Penggerak Socio Preneur Sacita Muda dan The Local Enablers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.