It's All Alike, Unusual, A Different Place But Beautiful

Penyuluhan Sikat Gigi & Cuci Tangan SD Cimuncang

Berhubungan dengan salah satu misi kami dalam hal peningkatan kesadaran gizi dan kesehatan masyarakat Desa Panyiaran, kelompok KKNM Desa Panyiaran 2010 menyelenggarakan kegiatan penyuluhan Gizi dan Kesehatan dengan tema “Cara Sikat Gigi dan Cuci Tangan yang Sehat”. Membidik generasi muda Desa Panyiaran, kami mempunyai harapan yang sangat besar untuk memenuhi target mengunjungi lima sekolah dasar di beberapa dusun Desa Panyairan.

Setelah mengadakan empat penyuluhan dengan tema yang sama di empat sekolah dasar Desa Panyiaran seperti SD Cipari, SD Pasir Curi, SD Panyairan dan SD Singkir 2, pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2010, kegiatan penyuluhan ini mencapai klimaksnya di SD Cimuncang sebagai target sekolah dasar terakhir. Selain untuk menjawab permintaan khusus Bapak Kepala Sekolah SD Cimuncang, kelompok KKNM kami juga sangat menuntut adanya perbaikan dalam hal mengorganisir acara penyuluhan yang sangat kental dengan unsur edukatifnya ini dengan aroma hiburan ringan namun menyenangkan. Belajar banyak dari empat SD terdahulu dalam hal menghadapi siswa-siswi SD, kelompok kami akhirnya berhasil merumuskan sebuah konsep acara penyuluhan kaku menjadi suatu amazing event yang kuat dengan nuansa interactive entertainment-nya.

Dengan mengerahkan hampir semua anggota kelompok KKNM, lengkap dengan pembagian kerja sangat mendetil seperti PJ (Penanggung Jawab), MC, logistik, pembimbing praktek penyuluhan, time keeper, runner, actor drama, dokumentasi dll, secara garis besar kelompok kami mengacu pada susunan acara sebagai berikut:

-          09.00 ― 09.10                        :           Introduction kelompok KKNM Desa Panyairan 2010

-          09.10 ― 09.25                        :           Penyuluhan tahap I (Cuci tangan dan theme song)

-          09.25 ― 09.35                        :           Ice breaking I (games; Moving Objects)

-          09.35 ― 09.50                        :           Penyuluhan tahap II (Sikat Gigi & theme song)

-          09.50 ― 10.05                        :           Ice breaking II (games; Sing Aloud Together)

-          10.05 ― 10.20                        :           PRAKTEK 1 (Cuci tangan)

  • Extend: Question and Answer

-          10.20 ― 10.25                        :           BREAK including BISKUAT TIME

-          10.25 ― 11.10                        :           PRAKTEK 2 (Sikat Gigi)

  • Extend: Question and Answer

-          11.10 ― 11.15                        :           Mobilisation to the hall room

-          11.15 ― 12.00                        :           FUN QUIZ (performanced by Great Alay Musician)

-          12.00 ― 12.30                        :           Petit Cabaret by Khomsi and friends

-          12.30 ― 12.35                        :           Closing Time

-          12.35 ― 13.00                        :           Foto Bersama Peserta KKNM 2010 Desa Panyiaran dengan Guru dan Siswa-siswi SD Cimuncang

Sambutan yang sangat antusias dari siswa-siswi selama proses acara berlangsung serta penghargaan dan penerimaan yang sangat akrab  dari para guru SD Cimuncang seperti gayung bersambut dengan semangat yang ditunjukkan kelompok KKNM kami sebelum dan selama proses kegiatan penyuluhan berlangsung. Pada saat evaluasi pun kepuasan sangat tergambar dari raut muka pongah peserta KKNM Desa Panyiaran.

Leave a Reply