0

PEMAHAMAN TENTANG ISLAM

Posted by paiarabunpad on September 5, 2012 in Teaching |

Islam merupakan agama yang diturunkan Allah SWT. kepada Rasulullah Muhammad SAW. Untuk:

(1) mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya (hablum minnallah),

(2) dirinya sendiri (hablum ma’a nafsihi), dan

(3) sesama manusia (hablum minannas).

Pengaturan hubungan manusia dengan Tuhannya (khaliq) mencakup pengaturan yang berkaitan dengan masalah aqidah (keyakinan/ keimanan) dan tata cara ibadah (ritual), seperti shalat, zakat, shaum, dan haji; Al-Quran mengungkapkan sekitar 10% saja. Pengaturan hubungan manusia dengan dirinya sendiri mencakup aturan yang berkaitan dengan perilaku atau akhlaq manusia, makanan-minuman yang halal dikonsumsi, dan tata berpakaian. Pengaturan hubungan manusia dengan sesama manusia mencakup adanya aturan-aturan mu’amalah dan uqubat (pidana, sanksi, dan pelanggaran). Pada aspek syariat ini, Islam menjelaskan tentang masalah politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, hukum, dan perang; tanpa mengesampingkan yang lainnya. Kategori ayat yang menjelaskan tentang 2 persoalan ini sekitar 90%.

Berdasarkan hal itu, maka para ulama membagi Islam dalam 2 hal, yaitu Aqidah dan Syariah. Aqidah merupakan landasan keimanan dan syariah merupakan landasan amal, karena berkaitan dengan implementasi penerapan aqidah (keimanan) itu dalam wujud amal perbuatan. Ketika seorang muslim mengimani Allah SWT. sebagai Tuhannya dan Dzat yang harus disembah, maka berkonsekuensi kewajiban muslim untuk melakukan ibadah shalat, shaum bulan Ramadhan, zakat, berhaji, berdoa, berdzikir sebagai realisasi keimanan tersebut. Tahap berikutnya keimanan dan ibadah tersebut harus berdampak pada amal perbuatannya, sehingga ia menjadi orang yang jujur, memegang amanah dan janji, tidak berdusta, tidak membuka aib-aib orang lain dan menggunjingkannya, dll.

Para ulama  berdasarkan pada karakteristik ajaran Islam yang komprehensif tersebut memposisikan Islam sebagai agama samawi (langit) yang berbeda dengan agama lainnya, yaitu agama ardhi (bumi), seperti Hindu, Budha, Sinto, Kong Fu Tse, atau yang lainnya. Termasuk dalam hal ini Islam berbeda dengan konsepsi-konsepsi ideologi yang dibuat manusia, seperti halnya kapitalisme-sekularisme, sosialisme-komunisme.

Adapun pengertian agama Islam adalah wahyu yang disampaikan kepada Rasulullah Muhammad SAW. melalui malaikat Jibril. Batasan yang menunjukkan bahwa Islam mengatur hubungan manusia dengan Allah, dirinya, dan sesama manusia menunjukkan  bahwa Islam meliputi seluruh persoalan kehidupan manusia tanpa membedakan perkara duniawi atau ukhrawi,  profan atau nonprofan.  Dengan demikian, Islam berbicara dalam cakupan dunia sampai akhirat, adanya pahala dan dosa bagi manusia, surga dan neraka sebagai balasan amal perbuatan manusia, termasuk pengaturan aspek aqidah (keyakinan), ekonomi, sosial, politik,  budaya, peradaban, pendidikan, negara dan pemerintahan, hukum, dan lain sebagainya.

 

Islam, Way of Life

Islam sebagai way of life (manhaj lil hayah) bagi seorang muslim dan masyarakatnya. Islam merupakan risalah Allah SWT. untuk mengatur hubungan manusia dengan Khaliqnya, dengan diri manusia itu  sendiri, dan dengan sesama manusia. Oleh sebab itu, dapat dipahami bahwa di dalam Islam tidak terdapat pemisahan status manusia di hadapan Allah SWT., baik sebagai pemimpin atau rakyat, ulama atau umaro. Islam tidak mentolelir tindakan diskriminasi manusia atas warna kulit, bahasa, bangsa, garis keturunan, pangkat-jabatan, status sosial atau hal-hal yang bersifat artifisial lainnya.

Makalah lengkap silahkan unduh 2. Pemahaman tentang Islam

Wawasan Islam 2.a.Memahami Islam (WI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create