0

Revitalisasi Nilai-Nilai Agama Islam

Posted by paiarabunpad on July 23, 2012 in Research |

Makalah ini berjudul “Revitalisasi Nilai-nilai Agama Islam dalam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum”. Tujuan makalah ini adalah memberikan solusi berupa konsep, metode, dan teknik yang bersifat aplikatif untuk mewujudkan  kerukunan antar umat beragama yang hakiki. Kampus sebagai miniatur masyarakat masa depan, bisa dianggap laboratorium sosial. Perubahan nilai-nilai di kampus diharapkan akan mempengaruhi nilai-nilai yang ada di masyarakat.

Dengan metode deskripsi komparatif, penulis mencoba membandingkan konsep dan metode internalisasi Islam dalam kehidupan pada masa Rasulullah saw (MR) dan masa kini (MK). Pada tataran konsep, nilai-nilai Islam pada MR masih murni dan jelas, sehingga dapat mencerahkan masyarakat.  Sementara pada MK, nilai-nilai Islam sebagian sudah terinfiltrasi nilai sekularisme-materialisme. Di sinilah pentingnya revitalisasi nilai-nilai Islam yang murni sebagai landasan kehidupan, termasuk toleransi intra dan  antar umat  beragama. Melalui pembelajaran  yang ‘smart’ (specific, measurable, achievable, relevant, and time framed) diharapkan nilai-nilai Islam yang murni akan mudah terwujud. Pada tataran metodologi, internalisasi nilai-nilai Islam pada MR dilakukan secara kaffah (paripurna). Akan tetapi pada MK metode internalisasinya dilakukan secara parsial dan tidak terintegrasi.

Hasil pembahasan makalah ini adalah revitalisasi konsep dan metode internalisasi nilai Islam sedapat mungkin meneladani model MR. Pertama, revitalisasi konsep aqidah dan nilai-nilai Islam secara paradigmatik mencakup seluruh aspek kehidupan.  Kedua, metode internalisasi nilai-nilai Islam menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga, teknik internalisasi bersifat  kreatif dan inovatif, dengan menggunakan berbagai macam sarana, termasuk inseminasi teknologi.

Kata Kunci: Revitalisasi konsep, metode internalisasi, dan kreasi teknik PAI

 

Silahkan, makalah lengkap unduh Artikel Jurnal Penelitian Agama Islam 2011

Want to leave a note? Just fill in the form below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create