0

Sekilas Info Metode Penetapan Idul Adha

Posted by paiarabunpad on September 30, 2014 in Other |

( سنن أبي داود )
2338 حدثنا محمد بن عبد الرحيم أبو يحيى البزاز حدثنا سعيد بن سليمان حدثنا عباد عن أبي مالك الأشجعي حدثنا حسين بن الحارث الجدلي من جديلة قيس أَنَّ أَمِيرَ مَكَّةَ خَطَبَ ثُمَّ قَالَ عَهِدَ إِلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ أَنْ نَنْسُكَ لِلرُّؤْيَةِ فَإِنْ لَمْ نَرَهُ وَشَهِدَ شَاهِدَا عَدْلٍ نَسَكْنَا بِشَهَادَتِهِمَا فسألت الحسين بن الحارث من أمير مكة قال لا أدري ثم لقيني بعد فقال هو الحارث بن حاطب أخو محمد بن حاطب ثم قال الأمير إن فيكم من هو أعلم بالله ورسوله مني وشهد هذا من رسول الله صلى الله عليه وسلم وأومأ بيده إلى رجل قال الحسين فقلت لشيخ إلى جنبي من هذا الذي أومأ إليه الأمير قال هذا عبد الله بن عمر وصدق كان أعلم بالله منه فقال بذلك أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم .
تحقيق الألباني :
صحيح
Dalilnya adalah hadits dari Husain bin Al-Harits Al-Jadali RA, dia berkata :
“Amir (penguasa) Makkah berkhutbah kemudian dia berkata,”Rasulullah telah berpesan kepada kita agar kita menjalankan manasik haji berdasarkan rukyat. Lalu jika kita tidak melihat hilal, dan ada dua orang saksi yang adil yang menyaksikannya, maka kita akan menjalankan manasik haji berdasarkan kesaksian keduanya.” (HR Abu Dawud, hadits no 2339. Imam Daruquthni berkata,”Hadits ini isnadnya muttashil dan shahih.” Lihat Sunan Ad-Daruquthni, 2/267. Syaikh Nashiruddin Al-Albani berkata,”Hadits ini shahih.” Lihat Nashiruddin Al-Albani, Shahih Sunan Abu Dawud, 2/54).
Jadi berdasarkan hadits ini penetapan Idul Adha ditentukan dengan ru’yat hilal yang dilakukan oleh penduduk Mekkah. Seluruh wilayah kaum muslimin di berbagai belahan dunia hendaklah mengikuti pesan Rasulullah kepada gubernur Mekkah ini, sehingga tidak terjadi perbedaan dalam Idul Adha.

Tags:

0

Sikap Pembicara Bahasa Arab

Posted by paiarabunpad on January 7, 2014 in Research |

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Tahaduts bin-ni’mat Artikel Jurnal

Arabic and Indonesian Modality: A Contrastive Analysis

telah terbit di

http://www.jistecs.org/

0

Aspirasi Da’wah

Posted by paiarabunpad on December 19, 2013 in Other |

http://www.youtube.com/watch?v=6CyQiYjP58U

Tags:

0

FALSAFAH EKONOMI ISLAM

Posted by paiarabunpad on December 16, 2013 in Pendidikan Agama Islam |

 DEFINISI EKONOMI

Suatu  studi tentang perilaku masyarakat dalam menggunakan sumberdaya yang terbatas (langka) dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudian menyalurkan (mendistribusikan) komoditi tersebut kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat (Samuelson dan Nordhaus)

 

Dua telapak kaki manusia akan selalu tegak (dihadapan Allah), hingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang ilmunya untuk apa ia pergunakan, tentang hartanya dari mana ia peroleh dan untuk apa ia belanjakan, dan tentang tubuhnya untuk apa ia korbankan”

(HR. Tirmidzi dari Abu Barzah ra.)

Silahkan diunduh Ekonomi Islam

Tags:

0

PENERJEMAHAN PENAFSIRAN

Posted by paiarabunpad on December 8, 2013 in Teaching |

4.1   Penerjemahan

 Penerjemahan adalah perubahan bentuk bahasa, baik bentuk kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana baik yang diucapkan atau dituliskan dan dirujuk sebagai struktur lahir suatu bahasa. Dalam Penerjemahan, struktur lahir bahasa sumber diganti dengan struktur lahir bahasa sasaran. Penggantian struktur lahir ini dilakukan agar makna yang terkandung dalam bentuk bahasa sumber dapat dialihkan ke bentuk bahasa sasaran dan makna yang dialihkan ke bahasa sasaran ini ekuivalen. Oleh karena itu, penerjemahan menyangkut pengalihan makna dari bahasa sumber ke bahasa sasaran (Larson, 1984: 3).

Read more…

Tags:

0

SYARIAT ISLAM DALAM PERSOALAN TENAGA KERJA

Posted by paiarabunpad on November 21, 2013 in Pendidikan Agama Islam |

Hampir di semua negara saat ini, problem ketenagakerjaan atau perburuhan selalu tumbuh dan berkembang, baik di negara maju maupun berkembang, baik yang menerapkan ideologi kapitalisme maupun sosialisme. Hal itu terlihat dari adanya departemen yang mengurusi ketenagakerjaan pada setiap kabinet yang dibentuk. Hanya saja realitas tiap negara memberikan beragam problem riil sehingga terkadang memunculkan berbagai alternatif solusi. Umumnya, negara maju berkutat pada problem ketenagakerjaan yang berkait dengan ‘mahalnya’ gaji tenaga kerja, bertambahnya pengangguran karena mekanisasi (robotisasi), tenaga kerja ilegal, serta tuntutan penyempurnaan status ekonomi, dan sosial, bahkan politis. Sementara itu, di negara berkembang umumnya problem ketenagakerjaan berkait dengan sempitnya peluang kerja, tingginya angka pengangguran, rendahnya kemampuan SDM tenaga kerja, tingkat gaji yang rendah, serta jaminan sosial nyaris tidak ada. Belum lagi perlakuan pengusaha yang merugikan pekerja, seperti  perlakuan buruk, tindak asusila, penghinaan, pelecehan seksual, larangan berjilbab,  beribadah, dan lain-lain.

Read more…

Tags:

0

SYARIAT ISLAM DAN PROBLEM KEMISKINAN

Posted by paiarabunpad on November 19, 2013 in Pendidikan Agama Islam |

Kemiskinan adalah fenomena yang begitu mudah dijumpai di mana-mana. Tak hanya di desa-desa, tapi juga di kota-kota. Di balik kemegahan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, misalnya, tidak terlalu sulit menjumpai rumah-rumah kumuh berderet di bantaran sungai atau para pengemis yang berkeliaran di perempatan-perempatan jalan.

Dalam mendefinisikan kemiskinan, sejak tahun 1970-an, Bank Dunia menggunakan standar mata uang dolar Amerika Serikat. Standar pengeluaran untuk makanan adalah 50 dolar AS untuk pedesaan dan 75 dolar AS untuk perkotaan per kapita per tahun. Pada tahun 1971 kurs dasar dolaradalah 126 terhadap rupiah. Standar ini masih dijadikan acuan internasional dengan modifikasi pengertian kemiskinan adalah keadaan tidak tercapainya kehidupan yang layak dengan penghasilan US$ 2,00 per hari.

Read more…

Tags:

0

ISLAM DALAM DIMENSI POLITIK

Posted by paiarabunpad on November 19, 2013 in Pendidikan Agama Islam |

ISLAM DAN PEMERINTAHAN

Diskursus mengenai konsep politik dan kenegaraan dalam masyarakat Islam memang sudah berlangsung sejak lama. Perdebatan yang paling menonjol terjadi setelah runtuhnya kekhalifahan Islam Turki Utsmaniy pada tahun 1924 dan diawali dengan terbitnya sebuah buku karya Syaikh Ali Abdul Al Raziq berjudul Al Islam Wa Ushul Al Hukm, setahun setelah keruntuhan tersebut. Buku ini telah menimbulkan kontroversi disebabkan berisi gugatan terhadap keberadaan Khilafah Islam. Dalam pandangan Ali Abdul Raziq, kekhilafahan bukanlah sebuah sistem politik melainkan sistem keduniawian. Pemikiran ini merupakan peletak pertama pandangan sekuler, yaitu memisahkan agama dengan politik dan negara. 

Read more…

Tags:

0

ATURAN PERGAULAN PRIA & WANITA DALAM ISLAM

Posted by paiarabunpad on November 19, 2013 in Pendidikan Agama Islam |

Banyak bangsa di dunia, selama berabad-abad telah meragukan kedudukan wanita sebagai manusia. Bahkan bangsa Romawi yang dikenal sebgaai bangsa maju pada zamannya, aktif mengadakan seminar-seminar untuk membahas tabiat dan karakter wanita, apakah ia tergolong suatu benda ataukah sejenis manusia? Apakah wanita itu hanya sebagai materi kesenangan atau ia tergolong makhluk hidup yang memiliki watak dan sifat manusiawi?

Read more…

Tags:

0

SYARIAT ISLAM DAN PLURALITAS MASYARAKAT

Posted by paiarabunpad on October 29, 2013 in Pendidikan Agama Islam |

Lazimnya sebuah masyarakat, di dalamnya pasti hidup secara bersama-sama bermacam kelompok masyarakat berbeda gender, usia, bangsa, suku bangsa, organisasi, aliran politik, dan agama. Di samping adanya kemajemukan itu, tentu saja masyarakat terdapat sistem yang mengatur interaksi antaranggota masyarakat, antarmasyarakat dengan penguasanya/pemerintah, antarmasyarakat suatu negeri dengan negeri lainnya. Pada aspek lain masyarakat memiliki corak/warna  khas, seperti masyarakat berdasarkan kapitalisme dengan individualisme, sekularisme, liberalisme berbeda dengan masyarakat sosialis-komunis dan juga Islam. Kenyataan itu merupakan sesuatu yang tidak dapat dielakkan, sehingga pluralitas masyarakat adalah bagian dari eksistensi kehidupan masyarakat itu sendiri, bahkan bagian dari penciptaan manusia.

ياايهاالناس انا خـلقناكم من ذكر و انثى و جعلناكم شـعوبا و قبائل لتـعارفوا  ان اكرمكم عند الله اتقاكم ان الله عليم خـبير .

Read more…

Tags:

Copyright © 2012-2014 pai-arab-unpad All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2.4.1, from BuyNowShop.com.