KULINER JATINANGOR

Posted by nurati170110080098 On May 5, 2011 ADD COMMENTS

Saat ini Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dikenal sebagai salah satu kawasan pendidikan di Jawa Barat, Pencitraan ini merupakan dampak langsung pembangunan kampus beberapa institusi perguruan tinggi di kecamatan ini. Perguruan tinggi yang saat ini memiliki kampus di Jatinangor yaitu :

  • ·Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  • ·Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

·Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN)

·Universitas Winaya Mukti (UNWIM)

Seiring dengan hadirnya kampus-kampus tersebut, jatinangorpun menjadi kawasan yang sangat ramai dengan aktifitasnya. Sontak mahasiswa yang berasal dari daerah luar katakanlah luar jatinangor maupun dari luar provinsi maupun luar jawa, maka mereka akan mencari tempat tinggal dan mencari asupan makan sehari – hari. Beragam macam makanan banyak dijajakan di Jatinangor, mulai dari Pedagang Kaki Lima maupun yang permanent. Berikut beberapa kuliner di jatinangor :

Sebelumnya para PKL di Jatinangor berpusat di kawasan Universitas Padjadjaran, depan gerbang lama Universitas Padjadjaran.

Namun setelah dibangun akses jalan dan perbaikan gerbang Unpad, para PKL di relokasi ke tempat yang baru. Kini, Pedagang Kaki Lima di Jatinangor berpusat disamping jalan baru penghubung Bandung dan Sumedang yang tepat berada di depan gerbang lama Universitas Padjadjaran yang telah direnovasi.

Ngeumong merupakan tempat nongkrong mahasiswa yang buka 24jam nonstop, dan difasilitasi dengan wifi dan audio musik. Ini merupakan tempat kuliner favorit anak fikom. Dan owner dari Ngeumong cafe ini adalah salahsatu mahasiswa Fikom Unpad.

Satu tempat favorit yang menjadi tempat nongkrong mahasiswa adalah Che.Co atau yang sering disebut Cherys. Cafe ini adalah nomor satu yang paling diminati mahasiswa di jatinangor, karena tempatnya yang nyaman dan didukung dengan menu yang “rasa bintang lima, harga kaki lima”. Tetapi sayang, tempat tidak terlalu besar, kapasitas kurang lebih hanya 100orang. Jadi ketika weekend dan tanggal muda, teman-teman harus rela “waiting list”.

Waroeng Suroboyo, ya! Ketika kita mendengar kata waroeng Suroboyo, yang terlintas dineak kita adalah Warung yang menjajakan segala jenis makanan khas Jawa. Tetapi jangan salah, ternyata warung ini adalah warung Bebek dan Ayam Goreng. Selain harganya yang murah, sambalnya pun terkenal enak. Warung ini berada diseberang Bekas Pangdam ( Pangkalan Damri )

Yup! Jatos adalah alternatif terakhir ketika kita bingung untuk memilih menu makanan. Jatos atau Jatinangor Town Square adalah satu-satunya tempat umum yang ada di Jatinagor. Kuliner di Jatos terbilang lumayan lengkap. Selain KFC, Hoka-Hoka Bento, Bakso Lapangan Tembak, Paparons, ada juga FoodCourt.

Salahsatu Andalan mahasiswa ketika ingin makan enak tapi kondisi keuangan sedikit adalah mencoba menu Moen-Moen Steak. Meskipun steak ini terbilang tidak se’enak steak-steak asli ( full meat) tapi tidak mengecewakan karena harganya yang terjangkau untuk ukuran steak.

 

 

Leave a Reply


Sponsors