Negeri Ciliang

KKNM UNPAD 2010 Desa Ciliang

LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN CUCI TANGAN DI SD Negeri 1 dan 2 Desa Ciliang KKNM UNPAD 2010

LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN CUCI TANGAN DI SD Negeri 1 dan 2 Desa Ciliang KKNM UNPAD 2010

A. Pendahuluan

1. Latar Belakang

Kerusakan Gigi seperti gigi berlubang, gigi yang tanggal sebelum waktunya, dan berbagai jenis penyakit gigi dan mulut lainnya dapat terjadi jika kita tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Begitu juga kita dapat memiliki tubuh yang sehat jika kita senantiasa membiasakan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan agar dapat terhindar dari infeksi kuman penyakit yang berasal dari tangan kita. Mengingat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan tubuh kita bila diterapkan sejak usia dini, inilah yang menjadi latar belakang kami untuk membuat program Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Cuci Tangan yang ditujukan pada anak-anak yang bersekolah di SD N 1 dan 2 Ciliang.

2. Tujuan

Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi serta pengajaran pada anak-anak SD di desa Ciliang mulai dari kelas 1-6 agar mereka dapat menjaga kesehatan giginya dari usia dini. Dari Kegiatan Penyuluhan ini diharapkan mereka terbiasa membangun kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tubuh dari usia dini sampai dewasa nantinya, sehingga diharapkan melalui program ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di desa Ciliang.

3. Manfaat

Manfaat dari kegiatan ini adalah Anak-anak Sekolah Dasar mendapatkan wawasan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut juga pentingnya kegiatan mencuci tangan sebelum makan. Selain itu manfaat yang dirasakan juga adalah terciptanya kebiasaan menjaga kesehatan sejak usia dini sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan mmasyarakat di desa Ciliang.

4. Deskripsi Kegiatan

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari pada hari Senin, 19 Juli 2010 yang berlangsung di SD N 1 Ciliang yang berlokasi di dusun Golempang dan Selasa 20 Juli 2010 di SD N 2 Ciliang yang berlokasi di dusun Pasir Limus.

Agar kegiatan yang dilakukan ini dapat berjalan efektif sesuai dengan jumlah murid dan juga materi yang disampaikan, maka teknis untuk kegiatan ini adalah penyuluhan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama penyuluhan untuk SD kelas 1-3 dan tahap kedua untuk penyuluhan SD kelas 4-6, dimana materi yang diberikan pun lebih lengkap dan kompleks. Hal itu dilakukan di SD N 1 Ciliang mengingat jumlah keseluruhan siswa/I dari kelas 1-6 yang dimiliki SD tersebut adalah sekitar 150 anak. Lain halnya dengan SD N 2 Ciliang yang jumlah muridnya hanya 50-an, maka penyuluhan hanya dilakukan sekali saja.

Adapun susunan kegiatan penyuluhan dikemas semenarik mungkin sehingga dapat menarik minat dari anak-anak SD yang dijadikan sebagai sasaran program. Kegiatan Penyuluhan dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama adalah penyuluhan Kesehatan Gigi yang dikemas dalam slide dimana lebih banyak menggunakan gambar dan animasi. Selanjutnya dilakukan peragaan (Simulasi) menggunakan telur bebek yang sebelumnya telah direndam dengan air kopi terlebih dahulu sehingga berwarna coklat, setelah itu diminta salah seorang anak untuk maju ke depan dan menyikat telur yang berwarna coklat tadi dengan sikat gigi dan odol sehingga menjadi putih kembali. Setelah itu dilanjutkan dengan peragaan cara menyikat gigi yang benar dengan menggunakan Model Gigi. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan hiburan seperti menyanyi bersama lagu-lagu yang bertemakan kesehatan disertai games berupa pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan. Bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar maka akan diberikan hadiah berupa buku tulis, bolpen, ataupun pensil. Bagi siswa-siswi yang tidak mendapat kesempatan untuk menjawab pertanyaan, tetap diberikan hadiah berupa pembatas buku  berbentuk gigi yang telah disiapkan oleh tim KKNM sebelumnya. Akhirnya, kegiatan pun  diakhiri dengan kegiatan sikat gigi dan cuci tangan massal, sehingga peserta dapat langsung mempraktekan materi serta peragaan yang sudah diberikan sebelumnya. Kegiatan ditutup dengan penyerahkan sekaligus pemasangan poster berisi ajakan sikat gigi sebanyak 3 kali sehari yang dibuat oleh tim KKNM Unpad 2010 kepada masing-masing Sekolah.

B. Rundown Kegiatan

Adapun Susunan acara Program Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Cuci Tangan yang dilangsungkan di SD N 1 dan 2 Ciliang adalah sebagai berikut :

Rundown Kegiatan SD N 1 Ciliang

Kelas 1-3

Waktu Kegiatan Durasi Keterangan
07.00-08.00 Sudah sampai di SD + Persiapan Ruangan 1 jam Siapkan OHP, ambil air, dll
08.00-08.30 Penyuluhan Kesehatan Gigi Kelas 1-3 SD 30 menit Oleh Wita dan Fatin
08.30-08.40 Penyuluhan Cuci Tangan Kelas 1-3 SD 10 menit Oleh Ashley
08.40-09.10 Games + Hiburan 30 menit Oleh Oki, Citra, Annisa
09.10-09.40 Sikat Gigi Bareng 30 menit Oleh Teman2 Di Luar Ruangan

Keterangan :

Kegiatan Sikat Gigi dan Cuci Tangan Massal tetap dilangsungkan oleh tim di luar ruangan, sedangkan tim di dalam Ruangan tetap melanjutkan Penyuluhan untuk kelas 4-6 SD.

Kelas 4-6

09.15-09.50 Penyuluhan Kesehatan Gigi 30 menit Oleh Wita dan Fathin
09.50-10.00 Penyuluhan cuci Tangan 10 menit Oleh Ashley
10.00-10.30 Games+ Hiburan 30 menit Oleh Oki, Citra, Adit
10.30-11.00 Sikat Gigi Bareng 30 menit Oleh Teman-teman di Luar Ruangan
11.00 Penyerahan Poster Gigi kepada Sekolah - Oleh Tim Penyuluhan

Rundown Kegiatan SD N 2 Ciliang

SD N 2 Ciliang

Kelas 1-6

Waktu Kegiatan Durasi Keterangan
07.00-08.00 Sudah sampai di SD + Persiapan Ruangan 1 jam Silahturahmi ke Guru-Guru, Siapin OHP, kursi
08.00-08.30 Penyuluhan Kesehatan Gigi 30 menit Oleh Wita dan Fatin
08.30-08.40 Penyuluhan Cuci Tangan 10 menit Oleh Ashley
08.40-09.10 Games + Hiburan 30 menit Oleh Oki, Citra, Adit
09.10-09.40 Sikat Gigi Bareng 30 menit Oleh Teman-teman Di Luar Ruangan
09.40-10.00 Penyerahan Poster Gigi ke Sekolah - Oleh Tim Penyuluhan

C. Job Desk :

Pembagian Tugas dibagi menjadi dua tim, yaitu yang bertugas di dalam Ruangan dan di luar Ruangan.

Tim dalam ruangan berjumlah 8 orang bertugas untuk menyampaikan penyuluhan, sedangkan Tim Luar Ruangan berjumlah 9 orang bertugas untuk mempersiapkan  dan mengatur jalannya kegiatan Sikat Gigi dan Cuci Tangan bersama agar tetap rapih dan kondusif. Berikut pembagian Jobdesk :

Tim Dalam Ruangan :

1. Yoswita Damayanti           :    Ketua Pelaksana Program sekaligus Tim Penyuluh

2. Fatin Nadhira                       :   Tim Penyuluh

3. Ashley Evans                        :    Tim penyuluhan

4. Oki Resti                                  :    Games dan Hiburan

5.Citra R. Amalia                     :    Games dan Hiburan

6.Anisa                                         :    Games dan Hiburan

7.Dian Perdana                         :    Time Keeper

8.Lukman Cassindi                  :    Dokumentasi

Tim Luar Ruangan :

9.    Felix Sihombing                :    Mempersiapkan ember+ air

10.  Anggi Yuliandus               :    Mempersiapkan ember+ air

11.  Aditya Rahman                 :    Mempersiapkan ember+ air

12.  Eka Heri Haryadi              :   Time Keeper

13.  Muhamad Al-Farisi          :    Dokumentasi

14.  Ibnu Faizal Dante              :    Pemimpin Acara untuk Sikat Gigi dan cuci tangan

15.  Liya Dahliawati                  :    Pemimpin acara untuk sikat gigi dan cuci tangan

16.  Antokowulan N.                :    Membagi Odol, Sabun cuci tangan, dan Tissue

17.  Aldhila Arnis                      :    Membagi Odol, Sabun cuci tangan, dan Tissue

D. Hasil Program :

Program ini berlangsung lancar sesuai dengan rancangan Program dan berakhir tepat waktu. Keberhasilan program ini juga dapat dilihat dari antusiasme siswa-siswa SD ketika mengikuti penyuluhan dan ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan saat games maupun saat mempraktekan kegiatan sikat gigi dan cuci tangan di lapangan.

E. Kendala

Kekurangan dari kegiatan ini adalah sulitnya mengatur ke-kondusifan anak-anak baik pada saat penyuluhan maupun pada saat sikat gigi bersama. Selain itu karena keterbatasan dana, kami tidak dapat menyiapkan sikat gigi untuk semua siswa. Kami hanya dapat membelikan beberapa buah sikat gigi saja (11 buah) pada anak-anak yang lupa membawa sikat gigi ke sekolah. Akibatnya ada beberapa anak yang tidak bisa mengikuti sikat gigi bersama karena tidak tersedianya sikat gigi. Secara umum partisipasi siswa maupun elemen guru dalam acara ini sangat baik.

Kendala lain dalam  pelaksanaan program  ini adalah terbatasnya peralatan yang kami miliki yang berdampak pada terbatasnya efektivitas system yang kami gunakan,misalnya saja pada pengadaan pipa untuk mengalirkan air yang akhirnya kami ganti dengan pemakaian ember yang berdampak pada panjangnya antrian siswa.

Berikut Dokumentasi Kegiatan Program Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Cuci Tangan :

Suasana Penyuluhan di SD N 1 Ciliang

Antusiasme siswa-i ketika menjawab pertanyaan sewaktu penyuluhan

Suasana sikat gigi bersama

Suasana Cuci Tangan bersama

Tim KKNM Unpad sewaktu Menyerahkan Poster kepada Pihak Sekolah

Kenang-kenangan Pembatas Buku berbentuk gigi dari Tim KKN

Tim Penyuluh (Fatin, Ashley, Wita) dan poster yang di berikan kepada Pihak Sekolah

Leave a Reply