Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) diresmikan pada tanggal 13 September 2005 dengan Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran nomor 1520/J06/Kep/Kp/2005. FTIP lahir dari adanya peningkatan status dari Jurusan Teknologi Pertanian (TEKNOTAN) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Awalnya Jurusan TEKNOTAN merupakan salah satu jurusan dari enam jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran; didirikan tahun 1983 melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 134/Dikti/Kep/1984 dan mempunyai tiga Program Studi yaitu: (i) Program Studi Teknologi Hasil Pertanian; (ii) Program Studi Alat dan Mesin Pertanian serta (iii) Program Studi Teknik Tanah dan Air. Pada tanggal 11 Juli 1996 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ketiga program studi ini dilebur menjadi dua yaitu Program Studi Teknologi Pangan dan Teknik Pertanian. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan prodi Teknologi Industri Pertanian, maka mulai tahun 2014 ini dibuka pendaftaran untuk Prodi Teknologi Industri Pertanian.

Pada saat fakultas berdiri, Dekanat menempati Gedung PEDCA Utara dan sejak awal Januari 2009 menempati gedung baru di kawasan kampus yang diperuntukkan bagi FTIP. Pada kawasan ini akan didirikan lagi sebanyak 2 gedung yaitu Gedung Dekanat dan Gedung bagi Jurusan Teknologi Industri Pangan yang mendapat dana dari Islamic Development Bank (IDB) direncanakan dimulai pada tahun 2014.

Pada tanggal 1 Agustus 2009 FTIP memperoleh ISO 9001 : 2008 dengan nomor sertifikat ID09/1367 dalam Education Services including Design Curriculum & Lecture material, Teaching and Learning, dan merupakan fakultas yang pertama memperoleh sertifikat ISO di lingkungan Universitas Padjadjaran.