Eksistensi pendidikan tinggi perikanan di Universitas Padjadjaran sudah ada sejak 45 tahun lalu, yaitu sejak dibukanya Jurusan Perikanan pada Fakultas Pertanian Unpad tahun 1965. Pembukaan Jurusan Perikanan tersebut merupakan perwujudan dari keinginan rakyat dan pemerintah Jawa Barat untuk lebih mengembangkan sub sektor perikanan melalui pengadaan tenaga akhli di bidang perikanan. Akhli-akhli yang dihasilkan tersebut diharapkan dapat menjadi katalisator dan dinamisator pembangunan, khususnya pembangunan sub sektor perikanan dan kelautan.

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang perikanan dan ilmu kelautan, serta perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pembangunan di masa mendatang, Jurusan Perikanan telah ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpad Nomor 1197/J06/Kep/KP/2005 tanggal 7 Juli 2005 dan Surat Persetujuan Dirjen Dikti Nomor 2015/D/T/2005 tanggal 27 Juni 2005.

 

sumber: http://fpik.unpad.ac.id/profil-fakultas-perikanan-dan-ilmu-kelautan/sejarah-fakultas-perikanan-dan-ilmu-kelautan/