Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 37 tanggal 18 September 1957 tentang pendirian Universitas Padjadjaran. Peraturan ini mulai berlaku tanggal 11 September 1957. Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran berasal dari Universitas Merdeka dibawah naungan Yayasan Universitas Merdeka Bandung yang didirikan tahun 1952, yang pada perkembangannya menjadi Universitas Padjadjaran pada tahun 1957. Dengan ketuanya Prof. Mr. R. Iwa Kusumasumantri dan Mr. Achmad Sanusi sebagai sekretaris. Fakultas Ekonomi mempunyai dua jurusan, yaitu Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan dengan jumlah mahasiswa 486 orang, terdiri dari 400 mahasiswa baru dan 86 mahasiswa berasal dari Universitas Merdeka. Staf pengajar berjumlah 40 orang yang merupakan dosen luar biasa, karena pada awal pendiriannya Universitas Padjadjaran belum memiliki staf dosen tetap.

Pada awal berdirinya Fakultas Ekonomi memiliki dua jurusan yaitu jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan. Dengan dilaksanakannya konferensi antar Universitas Negeri di Bandung tanggal 6 – 10 Januari 1958 berdampak langsung pada FE Unpad, dengan menetapkan jangka waktu studi sampai dengan Ujian Doktoral lengkap adalah selama 5 tahun. Dengan sistem pendidikan ini studi di fakultas Ekonomi Unpad terbagi dalam lima tingkat yang masing – masing ditempuh dalam satu tahun, kelima tingkat tersebut adalah :

• Tingkat Persiapan
• Tingkat Sarjana Muda I (Kandidat I)
• Tingkat Sarjana Muda II (Kandidat II)
• Tingkat Bakaloriat (Doktoral I)
• Tingkat Sarjana (Doktoral II)

Berdasarkan Surat Keputusan Senat Guru Besar Universitas Padjadjaran No. 3/Kep/Universitas Padjadjaran/68, tanggal 18 Januari 1968, Fakultas Ekonomi menerima pemindahan Jurusan Administrasi Niaga dan Jurusan Akuntansi dari Fakultas Sosial Politik Universitas Padjadjaran, sehingga sejak tahun akademik 1968 sampai 1979 Fakultas Ekonomi memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Umum, Jurusan Ekonomi Perusahaan dan Jurusan Akuntansi. Sistem kelas matrikulasi ditiadakan mulai tahun 1975, pada tahun 1976 FE Unpad telah menerapkan sistem semester pada semua tingkat, sampai dengan tingkat Sarjana Muda II. Mulai semester II tahun 1979, telah mulai dijalankan kelas parallel.

Dalam rangka membantu pemerintah untuk pendidikan tenaga terampil tingkat tinggi, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran membentuk program Diploma 3. Program Diploma 3 tersebut merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran yang mengemban tugas menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam penerapan ilmu dan teknologi secara praktis, yang didirikan pada tahun 1975 dan dikukuhkan oleh Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 042/U/1975 tanggal 18 Maret 1975.

Dalam upaya menempatkan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran sebagai institusi di bidang ilmu manajemen dan bisnis di tingkat nasional maupun internasional yang relevan dengan upaya Universitas Padjadjaran dalam menuju World Class University, maka pada tanggal 26 Agustus 2011 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor 4196/UN6.RKT/HK/2011 telah ditetapkan perubahan nama Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.

Sumber: http://www.feb.unpad.ac.id/site/id/tentang-kami/sejarah/