Ini Dia! Cara Memulai Bisnis Catering Bagi Pemula

 

Mencari alternatif yang fleksibel untuk menjalankan restoran?

Menjalankan bisnis catering mungkin bisa menjadi pilihan utama untuk memulai bisnis restoran yang tidak memerlukan jam khusus.

Bisnis catering biasanya lebih mudah dimulai daripada restoran. Anda bisa menyewa semua peralatan yang dibutuhkan saat memulainya. Ketika Anda mendapatkan lebih banyak uang, Anda bisa membeli peralatan Anda sendiri. Anda bahkan bisa menyewa ruang dapur yang sesuai dengan bisnis Anda.

Keuntungan Memulai Bisnis Catering

– Jam acara bervariasi, menjadikannya restoran yang fleksibel.
– Penghitungan tamu membantu Anda merencanakan secara efisien sehingga Anda tahu apa keuntungan yang diharapkan. Hal ini membuat keuntungan lebih dapat diprediksi daripada menjalankan restoran.
– Sebuah dekorasi duffet tidak memerlukan pelayanan khusus, sehingga bisa memangkas pelayanan yang tidak di butuhkan.

Sebelum Memulai Bisnis Anda

Seperti usaha bisnis lainnya, dibutuhkan pengalaman tertentu untuk berhasil melakukan start up. Usaha catering tidak jauh beda. Sebelum Anda mengatasi event pernikahan atau event-event besar lainnya, penting untuk menguji layanan makanan Anda yang disiapkan di acara yang lebih kecil. Anda bisa mencobanya dengan dengan mengadakan reuni keluarga atau piknik ke tempat-tempat tertentu. Kami sarankan beberapa hal berikut ini:

– Bekerja ditempat catering sebelum Anda membuka bisnis Anda sendiri. Anda bisa mendapatkan pengalaman Anda di beberapa pengusaha catering yang sudah berjalan stabil, seperti catering Bandung, catering Jogja, Surabaya, dan lain sebagainya.
– Perhatikan set up dan pelayanan pada acara yang Anda hadiri.
– Bantu merencanakan acara skala kecil (pesta liburan, resepsi, dll.).
– Bekerja sebagai koki pribadi di acara yang lebih kecil.

Pilih Konsep dan Tema

Bantu meningkatkan kemampuan pemasaran bisnis catering Anda dengan tema yang mudah diingat. Bagian pertama dari saran untuk siapa pun yang memulai restoran adalah memetakan menu mereka. Anda harus mengambil pendekatan yang sama untuk bisnis catering Anda. Tetapkan kriteria berikut:

– Jenis makanan apa yang akan Anda layani? (makanan berat, pencuci mulut, coffe break, atau jenis lainnya)
– Demografis apa yang akan kamu layani?
– Apakah Anda memiliki peralatan memasak yang tersedia untuk mempertahankan tema Anda?
– Strategi harga

Pilih Tempatmu

Ada beberapa faktor lokasi yang perlu dipertimbangkan saat membangun bisnis catering. Apakah Anda menjalankan bisnis Anda dari rumah, atau menyewakan tempat bagi pelanggan untuk datang kepada Anda? Pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah bisnis di atas roda – truk makanan! Namun, tren populer ini membutuhkan ruang tambahan untuk menyimpan produk dan peralatan masak lainnya bila tidak digunakan. Berikut adalah beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan:

– Seberapa jauh Anda akan bepergian?
– Bagaimana Anda akan mengangkut makanan?
– Apakah peluang kemitraan tersedia dengan lokasi lokal? (hotel, pusat konvensi, stadion, dll.)

Pilih Koki dan Staf Anda dengan Bijak

Operasi Anda hanya sebagus pelayanan, koki, dan manajer yang membantu menjalankannya. Pertimbangkan faktor-faktor berikut saat memilih pegawai catering:

– Jangan pernah mengambil dua peran menjadi pemilik dan koki (pilih salah satu).
– Periksa curiculum vitae kariawan untuk memastikan bahwa mereka memiliki skill untuk bekerja di tempat Anda.
– Selalu simpan anggota staf bersertifikat ServSafe pada acara untuk memastikan bahwa prosedur yang Anda gunakan aman untuk diikuti, seperti suhu penahan yang tepat selama pengangkutan dan penyajian.

Mengutamakan Masalah yang Wajib

Sedikit perencanaan bisa berjalan jauh ketika sampai pada makanan darurat yang tidak terduga. Pikirkan rintangan umum yang bisa Anda hadapi dengan bisnis catering Anda, dan bekerjalah dengan staf untuk membuat rencana respons.

– Maukah Anda melayani permintaan yang aneh, dan apa rencana penyajian yang aman?
– Buat rencana cadangan untuk acara di luar ruangan jika cuaca buruk.
– Gunakan Resep Resizer yang mudah digunakan untuk merencanakan tamu tambahan dengan semestinya.

Memetakan Rencana Pemasaran

Setelah Anda meletakkan dasar untuk operasi catering Anda, saatnya untuk mempromosikan bisnis Anda! Saat ini, ada puluhan media sosial untuk menempatkan foto, spesialis, dan info tentang bisnis Anda tanpa biaya kepada Anda.

Lakukanlah langkah-langkah metode pemasaran berikut untuk membantu mendapatkan nama catering Anda di luar sana:

1. Buat logo yang mewujudkan tema Anda. Hal ini akan menciptakan simbol yang dapat dikenali untuk tamu di acara Anda.
2. Buat menu, brosur, dan bahan cetak lainnya untuk diserahkan kepada calon klien.
3. Buat akun situs web dan media sosial.
4. Bermitra dengan perencana acara dan pemegang tempat.
5. Beriklan di daftar layanan pernikahan lokal (baik cetak maupun online).

Baca juga :

Mau Jadi Pengusaha Muda Sukses? Ini Dia Kuncinya!

Merasa belum cukup menjadi buruh. Banyak anak muda yang mulai terinspirasi dan hendak mengembangkan kemampuan dengan membuka bisnis. Selain menjadi wadah melihat peluang, bisnis baru memberikan kemungkinan membuka lapangan profesi baru. Banyak pebisnis muda yang sudah berhasil di seluruh Indonesia. Contohnya Rizki Maulida, pemuda sukses yang berwirausaha catering bandung.

Berikut 12 kunci dasar agar kita dapat menjadi berhasil di usia 20-an:

1. Berani Memulai

Apapun bisnis yang Anda inginkan atau sedang direncanakan, beranilah untuk menjalankannya. Jangan pernah takut untuk mencoba, walaupun ada banyak halangan yang nantinya akan dilawan.

Tetapi yang patut Anda ingat selalu adalah untuk selalu menemukan sesuatu hal yang unik dan jangan khawatir untuk memulai usaha Anda.

2. Mempunyai Jiwa Semangat

Sebagai pemuda tentunya jiwa membara harus ada dalam rohani kita. Raih semangat itu sebelum kamu benar benar memulai bisnis. Jiwa membara menjadi salah satu faktor inti dalam merintis sebuah usaha.

Jika Anda terus semangat, bisa jadi peluang dalam suatu bisnis akan semakin berkembang. Kamu akan menjadi pribadi yang tidak bimbang jatuh dan mau bangkit lagi jika melalui kegagalan di tengah jalan.

3. Lakukan Aktivitas yang Memiliki Berdampak Besar

Fokus kepada hal hal yang sangat berhubungan dengan bisnis. Jika memang ingin sukses dengan bisnis Anda, jadi lakukan hal-hal yang memberikan dampak besar secara positif dalam kemajuan usaha Anda.

Lupakan sementara semua hal yang hanya berhubungan dengan kesejahteraan diri kamu. Sendainya bisnis Anda sudah berkembang, maka Anda dapat merubah diri dengan sendirinya.

4. Rela Melepas Masa Muda

Masa muda merupakan masa yang sangat susah untuk dilupakan. Masa yang tidak mungkin diulang dan waktu yang tepat untuk menggali jati diri. Maka oleh sebab itu jangan buang masa mudamu hanya dengan bermain dan berfoya foya.

Cari relasi dan temukan peluang hebat yang bisa dijadikan lembaran uang. Dengan begitu Anda bisa menunjukkan jika masa muda kamu merupakan masa masa yang benar-benar berkualitas dan membanggakan.

5. Berani Menghadapi Risiko

Tiap Kali taktik yang kalian lakukan tentu terdapat kendalanya. Pastikan kita kuat untuk melewati masalah serta senantiasa kuat untuk menerima konsekuensi dari setiap keputusan yang ditentukan. Jangan pernah gelisah untuk belajar dari kegagalan yang Anda alami.

Hal yang penting diingat adalah, setelah kalian telah pernah merasakan sebuah permasalahan, maka hal demikian menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kita bisa melihat kekurangan dari bisnis Anda, juga tentu Anda tidak akan melakukan perbuatan yang sama.

6. Jadikan Hobi Sebagai Bisnis

Hobi adalah sesuatu yang menjadi kesenangan dengan begitu kita lakukan terus menerus. Jika saja kegemaran yang kita punya bisa menciptakan uang, mengapa tidak menjadikannya sebagai suatu bisnis yang mengembirakan?

Bila kita membangun bisnis yang diawali dari hobi, hal ini memungkinkan kita untuk meningkatkan daya semangat, disebabkan kita memperoleh dua hal yang anda gemari secara bersama-sama yaitu adalah hobi dan bisnis.

Bila Anda ikut komunitas dari hobi yang ditekuni, oleh karena itu sebagai permulaan kita tidak perlu pusing untuk mencari target pasar dan mempromosikannya. Kita bisa memakai kenalan yang memiliki hobi sama.

7. Inovasi Mengikuti Zaman

Sebuah bisnis haruslah memiliki inovasi. Sekalipun sudah ada target pemasaran, namun kita mesti pintar mencari peluang agar dapat memiliki bisnis semakin maju. Oleh karena itu, pintar-pintar lah melihat peluang yang ada tiap zaman.

Pertumbuhan yang makin pesat terkhusus pada bagian IT, bagi Anda untuk terus memenuhi rasa keingintahuan dan konsumen yang selalu menunggu-nunggu terobosan baru seperti yang akan dikembangkan dalam bisnis Anda.

Hal ini sangat harus dipentingkan apabila target pasar Anda merupakan anak-anak muda juga kalangan remaja, karena target pasar ini sangatlah mudah terpengaruh oleh hal-hal baru yang muncul.

8. Tetap Fokus

Fokus akan taktik bisnis yang dimiliki serta dikembangkan akan menolong Anda untuk dapat mempunyai usaha maju yang pesat. Ada juga pebisnis awalan yang cepat merasa puas, sehingga jika saja suatu bisnis sudah terlihat cukup tenang, maka akan membangun usaha yang baru kembali.

Faktor ini tidak baik dikarenakan bakal menciptakan pikiran kamu terpecah belah sehingga tidak konsentrasi buat memajukannya. Hati hatilah, lantaran malahan elemen ini dapat menciptakan usaha kamu berantakan.

9. Mempunyai Perilaku Ulet

Pengusaha yang mempunyai akhlak gigih sudah dijamin adalah orang yang visionerdirinya telah mendesain dengan baik periode depan bisnisnya dan menyangkutkan cita-citanya dengan baik dan realistis.

Bersama memiliki rencana dan cita-cita, bakal mendorong kamu buat tahan bersama segala kesukaran dan rintangan. Tidak sedikit pembisnis yg takluk sebelum berperang’ dikarenakan telah cemas disaat menyaksikan sinyal kegagalan.

10. Bekerja Keras

Lantaran sudah merelakan masa muda anda maka janganlah sia-siakan perihal termuat. Pakailah seluruhnya kekuatan yang anda punya pada meyakinkan bahwa bisnis ini bisa berjalanan bersama sebaik mungkin .

Perumpamaan tenagausaha Niscaya kesuksesan dari bisnis yang kamu bangun akan didapatkan di masa depan.

11. Investasi Uang

Jika sudah mewarisi keuntungan dari bisnis janganlah serentak puas dan janganlah bersama mudah difoya-foyakan buat aspek yang belum tentu kamu perlukanjatuh bangun usaha pasti terjadi maka dari itu pastikan kamu menyimpan duit dengan baik.

Investasikan duit anda kepada membangun bisnisitu menjadi lebih besar denngan demikian anda tak butuh mencari investor dengan duit yang besar dan memiliki utang.

12. Ikuti Pola

Anak muda tentu pasti mengusahakan mencari jati diri, sehingga tidak heran jikalau mereka masih menyukai mengikuti tren apa yang ada diwaktu itu. Rasa mau tahu dan mau mencoba-coba yang perihalbaru tentu masih sangat tinggi dalam diri mereka.

Jikalau memang lah telah berkeinginan buat membangun business yang yakin saat muda maka buang semua kemauan bagi coba mencoba populer yang ada, lebih baik anda segera belajar dari banyaknya anak muda yang sukses sebagai pebisnis

Cara Membuat Fikiran Kita Jadi Kreatif Di tengah Sibuknya Kegiatan Mahasiswa

Bagi kita yang statusnya anak mahasiswa pastinya merasa familiar mendengar istilah “berpikir di luar kotak (thinking out of the box)”. Bagaimana apabila kita ucapkan bahwa siapa pun mampu jadi lebih kreatif – dan dengan demikian lebih bisa menemukan solusi dari suatu permasalahan, menyelesaikan proyek-proyek utama, dan dengan keseluruhan menjadi pribadi yang lebih menarik – tanpa harus bekerja keras untuk melakukannya?

Nyatanya hal tersebut tidak susah-susah amat. Berikut ini saya berikan beberapa tips dan cara membuat anak mahasiswa seperti kita bisa berfikir jauh lebih kreatif.

1. Ambil istirahat.

Namun bukan sembarangan beristirahat. Adapun istirahat yang berdampak pada kreatifitas diantaranya yaitu kegiatan yang yang membutuhkan cukup gerak, tetapi tak terlalu asyik misalnya berkebun atau jalan-jalan.

2. Tidur sebentar.

Tidak ada siapapun yang dapat terhindar dari ucapan “saya bosan” di waktu siang hari, hal itu juga berlaku bagi kamu. Menurut peneliti dari suatu universitas di Amerika, menunjukkan bahwa orang-orang yang sudah tidur siang, biasanya bangun fikirannya akan menjadi lebih kreatif dan produktif.

Tidur sekejab bisa membantu kamu untuk mengerjakan tugas yang mana kamu tidak dapat menyelesaikannya kecuali dalam keadaan terjaga di malam hari.

Mengapa?

Alasannya adalah sebab fikiran kamu akan kemana-mana disaat kamu sedang bermimpi. Bagi kamu yang sudah bekerja di kantor, sebaiknya cari trik supaya kamu bisa tidur sebentar di saat padatnya tugas yang menumpuk.

3. Meditasi

Apabila kamu memiliki waktu luang, sebaiknya gunakan beberapa menit saja untuk membuat fikiranmu tenang melalui meditasi. Berdasarkan suatu penelitian akhir-akhir ini di Frontiers in Psychology, meditasi dapat meningkatkan fikiran yang kreatif.

4. Buat sedikit Keramaian atau Kebisingan

Diam malahan bisa memekakkan telinga. Namun berdasarkan penelitian terbaru, dijelaskan bahwa justru bekerja di tempat yang lumayan bising atau ramai dapat mendorong orang supaya lebih kreatif dan produktif.

Adapun tempat yang direkomendasikan buat kamu yang mencari sedikit kebisingan yaitu di cafe-cafe atau kedai kopi. Ditempat tersebut kamu akan mendapatkan tingkat kebisingan yang pas, tidak terlalu mengganggu dan juga tidak terlalu sepi.

Namun bagi kamu yang tidak sempat untuk pergi ke cafe atau kedai kopi, kamu bisa kunjungi kantin terdekat di tempat kuliah atau kerja kamu. Atau kalau malas bisa dengan sekedar membuka pintu supaya ada suara yang masuk.

5. Melihat Yang Hijau

Ternyata mengamati benda-benda yang berwarna hijau dapat meningkatkan pikiran yang kreatif, Demikianlah hasil dari sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini.

Otak kita mengasosiasikan warna dengan alam dan pertumbuhan, yang memicu inovasi. Kamu cukup mengambil waktu selama 2 detik saja untuk melihat benda-benda hijau di sekitar kamu, misalnya tanaman atau pepohonan di luar.

6. Merubah Rute berkendara anda

Bagi kamu yang sering bepergian ke kampus atau ke tempat kerja dengan memakai kendaraan bermotor, biasanya kamu menggunakan rute yang sama tiap hari.

Cobalah sekali-kali kamu merubah rute perjalananmu, siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik dari rumah ke kampus dan sebaliknya.

Dengan merubah rute perjalanan kamu dari rumah ke kampus atau sebaliknya dari kampus ke rumah dapat mendorong meningkatkan kreatifitas kamu, khususnya bagi kamu yang sudah terbiasa mengambil jalan raya besar yang agak membosankan.

7. Berkhayal

Tutup mata kamu dan bayangkan akan masa depan kamu. Apa yang kamu lihat? Nah, akan lebih kreatif apabila kamu rutin melakukan hal tersebut. Disaat orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal tersebut membuat pikiran beralih ke mindset yang luas.

Cobalah kamu membayangkan diri kamu jauh di masa depan, misalnya lima tahun atau lebih.

Demikianlah tips dan cara membuat anak mahasiswa seperti kita jauh berfikir kreatif disaat mulai banyaknya tugas yang menumpuk khususnya yang mau skripsi.

Baca juga : tips kreatif cara membuat anak

Cobalah! 7 Elemen Dalam Kehidupan Agar Selalu Berfikir Postitif.

Ada 7 elemen dalam tubuh bagaikan air yang mengalir dari bagian yang tinggi ke bagian yang rendah.
Semua elemen tubuh itu ada yang tersumbat , laksana ada penghalang yang menghalangi laju air tersebut , sehingga air tidak dapat berjalan dengan lancar. Tiap tiap elemen memiliki satu penghalangnya masing masing yang akan membuat elemen itu tidak berjalan dengan semestinya.

Inilah ke 7 Elemen tersebut

No Positive                                   Negative

1 Pertahanan                                Rasa Takut

2 Pikiran                                         Rasa Bersalah

3 Kekuatan                                     Rasa Malu

4 Kebenaran                                   Kebohongan

5 Cinta                                              Kesedihan

6 Kedamaian/Ketentraman          Ilusi / Pikiran Negatif

7 Energi Kosmis                              Kejadian Masa Lalu

Berikut ini adalah penjelasan secara rincinya

1. Pertahanan

Pertahanan , diartikan dengan Rasa Berani

Ini dimaksud , setiap kali ada sesuatu yang akan kita lakukan,kita pasti ada rasa untuk berani.

Penyumbat Rasa Berani ini adalah Rasa Takut

Takut akan menghilangkan keberanian dalam diri kita , dan akan mengjadikan kita pribadi yang pengecut.

Bilamana anda ingin menjadi pribadi pemberani,lupakanlah rasa takut terhadap sesuatu yang anda ingin lakukan,pengalaman rasa takut yang dulu pernah ada,singkirkanlah untuk melakukan sesuatu yang baik.

2. Pikiran

Pikiran , diartikan sebagai Berfikir

Berfikir dimaksud adalah keadaan pemikiran yang tertanam dan terbangun dari peristiwa ke peristiwa.

Penyumbat Berfikir ini adalah Rasa Bersalah

Rasa Bersalah akan membuat anda tidak selalu murung , tidak ingin melakukan hal yang dulu pernah anda lakukan , masih trauma atas kejadian dahulu.

Cara untuk membentuk kita Berpikir dengan baik , yaitu maafkanlah diri kita sendiri.

Semua kejadian yang pernah berlalu , berujung kepada diri kita sendiri . Ini dimaksud agar kita tidak akan membuat kesalahan dan mencoba / melakukan hal yang pernah kita trauma sebelumnya.

3. Kekuatan

Kekuatan , diartikan dengan Rasa Percaya Diri (PD)

Ini dimaksud , Rasa Percaya Diri anda tumbuh karena anda telah berani mengungkapkan sesuatu dengan semestinya.

Penyumbat Rasa Percaya Diri ini adalah Rasa Malu

Setiap kali kita malu , artinya kita tidak PD.Rasa malu terjadi akibat tidak ada keberanian yang ada didalam diri kita.Keberanian yang hilang akibat rasa takut akan sesuatu,akan membuat rasa malu yang begitu kuat , akibatnya PD kita tidak akan muncul disaat sesuatu itu akan terjadi.

Cara untuk membuat kita PD , atau membentuk elemen kekuatan ini , adalah dengan cara melupakan kejadian yang paling membuat anda merasa malu,juga menghilangkan rasa takut akan sesuatu yang pernah dulu anda rasakan.

4. Kebenaran

Kebenaran bisa kita artikan sebagai Rasa Jujur

Jujur disini adalah mengungkapkan kejadian yang sebenarnya terjadi.Rasa Jujur akan membuat hati,pikiran,dan juga otak kita merasa tenang.

Penyumbat Rasa Jujur ini adalah Kebohongan

Sudah sangat jelas, jujur berlawanan dengan bohong.Rasa bohong ini muncul akibat anda memiliki rasa takut,juga kejadian yang memalukan dan berujung kepada tindakan kebohongan.

Cara untuk membuat kita bersikap Jujur adalah , melupakan semua kegiatan berbohong kita,tidak merasa takut , dan juga malu .Rasa Jujur akan muncul secara sendirinya dengan anda tidak berbohong lagi.

5. Cinta

Cinta bisa diartikan dengan Rasa Sayang

Rasa sayang yang membuat kita ingin bersama,mengkasihi seseorang maupun sesuatu yang kita sayangi

Penyumbat Rasa Sayang ini adalah Kesedihan

Kesedihan akan membuat rasa kasih mengasihi kita memudar.Kesedihan yang terlalu dalam akan membebani pikiran kita dan akan menyingkirkan rasa sayang kita karena kita terlalu memikirkan kesedihan itu dan berharap tidak akan terjadi lagi.Kesedihan bermula dari rasa takut akan sesuatu , lalu membangkitkan rasa malu , dari rasa malu itu kita mulai berbohong, karena berbohonglah kita menjadi sedih karena kita telah menyesatkan seseorang.

Cara untuk membangkitkan Rasa Sayang ini adalah,dengan menghapus semua kesedihan yang tertanam dihati dan menggantikannya dengan hal positif , rasa sayang menyayangi . Dengan ini , Rasa Sayang akan muncul karena kesedihan sudah berakhir . “Badai pasti Berlalu”.

6. Kedamaian

Kedamaian/Ketentraman bisa diartikan sebagai Rasa Keberasamaan

Rasa kebersamaan ini membantu kita untuk menyatukan satu dengan yang lainnya , karena manusia itu tidak bisa hidup tanpa yang lain.

Penyumbat Rasa Kebersamaan ini adalah Ilusi , bisa diartikan sebagai pikiran negatif / negative thinking

Negative thinking ini muncul akibat rasa takut yang pernah kita alami, membentuk rasa bersalah akibat kita tidak berani, memunculkan rasa malu , dari situ munculah tindakan untuk berbohong, lalu kita akan bersedih , dan akhirnya kita akan berperasangka buruk akibat kita menderita kesedihan yang lama.

Cara untuk membentuk Rasa Kebersamaan , dengan cara selalu Positive Thinking , berperasangka baik terhadap semua sesuatu yang akan membentuk Rasa Kebersamaan kita muncul antar umat manusia.

7. Energi Kosmis

Dan yang terakhir adalah Energi Kosmis , Cosmic Energy

Diartikan sebagai Pemikiran Masa Depan , Future Thinking.Dengan kita memikirkan

masa depan,kita akan menjadi pribadi yang baik , dari luar maupun dalam.

Penghalang dari Pemikiran Masa Depan adalah Kejadian Masa Lalu

Kejadian buruk pada Masa lalu akan sangat merusak citra pemikiran kita , sangat membuat kita terlalu memikirkan kebelakang . Ini bermula dari rasa takut , hingga negative thinking , karena semua elemen itu saling bersinkronasi , saling berhubungan , satu dengan yang lainnya.

Cara membentuk Pikiran Masa Depan , ialah melupakan kejadian buruk pada masa lalu. Kejadian itu harus dimusnahkan dalam pikiran kita . Itulah buah busuk yang muncul dari akar busuk , yaitu Rasa Takut .

Akhir kata , saya Cuma mengingatkan kepada anda , bahwa semua Elemen dalam tubuh ini saling bersinkronasi , saling berhubungan satu sama yang lain , bagaikan matahari yang dikelilingi oleh planet planet disekitarnya.

Ini adalah Kenyataan dalam hidup , the Reality of Life. Jangan percayakan apa yang ada dalam artikel ini , namun buktikanlah.

baca artikel menarik lainnya hanya di www.maudisini.com