Baca-baca Seru

baca artikel-artikel nambah ilmu

Mengenal Bekal Makanan Jepang (Bento)

without comments

Orang Jepang sangat kuat terhadap apa yang dinamakan keindahan, termasuk dalam makanan. Penyajian makanan sangat diperhatikan termasuk kotak kue atau kotak makanan yang membungkus makanan itu sendiri. Untuk makanannya sendiri, pasti kita sudah mengenal apa yang dinamakan bento.

Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik. (Wikipedia)

Bento di buat semenarik mungkin karena orang Jepang berpendapat bahwa enak tidaknya makanan dimulai dari mata. Makanan akan terlihat enak dan menarik ketika warna dan bentuknya menarik.

bento

bento

Jenis-jenis bento:

  • Kouraku bento (行 楽 弁 当) – semua jenis bento yang dimakan pada jalan-jalan, seperti untuk melihat cherry blossom. Bisa menjadi bento makunouchi rumit, atau sesuatu yang dicampur pada sebuah toko.
  • Ohanami bento (お 花見 弁当) – sebuah bento yang dimakan sambil mengagumi bunga sakura.
  • Omotenashi bento (おもてなし 弁当) – Bento yang disajikan untuk tamu, biasanya jenis bento makunouchi.
  • Shoukadou bento (松花 堂 弁 当) – terkait dengan bento makunouchi, sebuah bento formal yang disajikan di restoran, di mana kotak bento dibagi menjadi 4 bagian yang sama, setiap bagian dengan sebuah piring saji kecil.
  • Hinomaru bento (日の丸 弁当) – jenis paling sederhana bento, kotak diisi dengan nasi putih, dan sebuah umeboshi (pickled plum) ditempatkan di tengah.
  • Jukuben (塾弁) – ringan dimakan bento di malam hari pada saat juku (ujian persiapan) sekolah. Seorang anak sekolah Jepang pergi ke juku di beberapa titik dalam hidup mereka.

 

Selain Jepang, beberapa Negara juga punya bekal makanan unik yang mirip dengan bento, seperti Filipina (Baon), Korea (Dosirak), Taiwan (Biandang), dan India (Tiffin). (Mew)

Written by merieland

June 13th, 2012 at 9:36 am

Leave a Reply