• PERMASALAHAN

    Date: 2010.07.14 | Category: Info Desa | Tags:

    Setiap kota maupun desa pasti mempunyai berbagai masalah yang harus di hadapi. Demikian pun yang terjadi di desa Tambilor, desa yang berkedudukan di utara provinsi jawa barat (pantura), antara kota Cirebon dan  kabupaten Indramayu,tempat di mana kami melaksanakan program KKNM. Menurut pandangan kami desa Tambi Lor bisa di sebagai desa yang sudah maju, hal ini dikarenakan terdapat pasokan listrik dan air bersih dari perusahaan pemerintah.Kemudian dengan Alfa Mart di desa tersebut dan tidak jauh dari desa terletak sebuah pusat perbelanjaan yang cukup besar.

    Banyak hal yang kami temukan dan kami nilai sebagai sebuah masalah, baik itu dari bidang ekonomi sampai pada bidang kesehatan. Oleh karena itu kami mencoba merumuskan berbagai hal yang menjadi permasalahan yang terjadi di desa Tambilor. Hal pertama  yang kami coba rumuskan adalah dalam bidang kesehatan. Beberapa program yang dicanangkan pemerintah sangat efektif di desa ini, misalnya pengobatan dan obat gratis di puskesmas setempat. Posyandu yang berjalan rutin dan vitamin gratis, penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS).  Adanya penyuluhan tentang sikat gigi dan dokter kecil yang di pusatkan di SD setempat. Tapi sayangnya tidak ada tempat penampungan sampah,tidak ada tempat sampah di tiap rumah. Mereka terbiasa dengan membakar sampah atau mengubur di belakang rumah.Masih banyak yang kekeliruan di masyarakat tentang kesehatan ibu hamil dan balita. Masih ada yang tidak mau menggunakan abate,sekalipun itu gratis. Menurut mereka ada beberapa hal dalam penyuluhan diatas bertentangan dengan kepercayaan mereka, misalnya masalah bahwa ibu hamil harus istirahat siangmenurut penyuluh, sedangkan menurut mereka itu tidak boleh.

    Di desa tambilor  tingkat pengangguran cukup tinggi, terutama untuk kaum pria. Menurut kami hal ini di sebabkan karena tingkat pendidikan rendah karena kebiasaan masyarakat yang menganggap  anak sudah bisa baca tulis berarti sudah cukup sekolah, pola hidup konsumtif sehingga sulit menyekolahkan anak,kurangnya keinginan untuk berwirausaha dikarenakan pelbagai hal. Untuk wanita usia muda(antara 17-30) kebanyakan dari mereka berprofesi  sebagai TKI.

    Permasalahan yang sering terjadi di masyarakat adalah karena kurangnya informasi tentang apa yang terjadi di desa mereka. Mereka terkadang tidak mengetahui permasalahan apa yang sedang dialami oleh desa mereka sendiri itu terjadi karena tidak adanya alat bantu dalam penyampaian informasi, untuk itu kami mengajukan program pengadaan papan pengumuman untuk setiap RW yang tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui informasi-informasi terbaru yang sedang terjadi di desa mereka ini.