Profil Desa

PROFIL

 

Desa Mekarsari yang bertempat di kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut merupakan salah satu desa hasil pemekaran dari desa Sindangsuka, oleh karena itu diberi nama Mekarsari yang mengadaptasi kata pemekaran. Desa Mekarsari memiliki 3 Dusun, 10 RW dan 32 RT, dikepalai oleh Bapak Uu Amarulloh. Desa Mekarsari dibentuk sekitar tahun 1979/80, itu artinya sampai saat ini Desa Mekarsari telah berdiri selama lebih dari 31 tahun, dan selama itu pula desa ini telah banyak melakukan pembangunan bagi masyarakat dan seluruh fasilitasnya, meskipun belum sepenuhnya pembangunan tersebut terlaksana dengan baik dan terasa dampaknya oleh masyarakat setempat.

Jumlah penduduk Desa Mekarsari menurut data terakhir sekitar 7458 jiwa, dan sebagian penduduknya melakukan kegiatan pertanian dan industri. Keadaan perekonomian masyarakat Desa Mekarsari tergolong menengah ke bawah, karena hampir sebagian besar penduduknya bekerja sebagai buruh tani, hal itu didorong oleh keadaan wilayahnya yang banyak lahan persawahan, jadi dapat dikatakan desa ini cukup strategis untuk menjadi lahan pertanian.

  • Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat

Dalam upaya penyelenggaraan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat dengan kegiatan memotivasi masyarakat untuk proaktif melaksanakan siskamling/ ronda malam dan memberikan pengarahan terhadap anggota hansip/linmas untuk melakukan pengawasan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat.

  • Pendididikan

Dalam upaya membantu pemerintah kabupaten dalam bidang pendidikan yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan koordinasi dengan dinas terkait baik dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berjumlah 4 buah, TK berjumlah 7, SD/MI berjumlah 6, SMP berjumlah 1, MTs Persis berjumlah 1, dan MA Persis berjumlah 1

 

  • Kesehatan

 

Upaya yang dilakukan untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan melakukan Pembangunan Poskesdesa dan memaksimalkan pelayanan kesehatan, sosialisasi baik dalam pengajian rutin maupun dalam rapat-rapat bekerjasama dengan kepala puskesmas Cibatu. Adapun bantuan yang diterima oleh masyarakat yaitu Jamkesmas dan Jamkesda.

  • Potensi Desa

Dusun satu memiliki potensi berupa galian pasir dan batu, dusun dua memiliki potensi berupa pembuatan kerupuk, ranggining, pengrajin merangkai bunga dan pengrajin bambu, sementara di dusun tiga terdapat potensi kerajinan bambu.

  • Seni dan Budaya

Dalam upaya melestarikan seni dan budaya desa Mekarsari memiliki seni tradisional yaitu pencak silat, reog, kasidah, gondang

  • ¬†Permasalahan desa

Permasalahan yang dialami oleh desa Mekarsari sampai saat ini yaitu menyangkut Anggaran Dana Desa (ADD) dari pemerintah yang tergolong lambat. Pencairan ADD yang diberikan hanya satu kali dalam rentang waktu 3 tahun. Masalah lainnya yaitu menyangkut ketersediaan air, hal ini menjadi masalah tersendiri khususnya untuk pertanian di desa Mekarsari. Kurangnya air terutama pada musim kemarau membuat kegiatan pertanian tidak dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu sawah di desa ini tergolong sawah tadah hujan. Darii permasalahan ini masyarakat mengharapkan didatangkannya air dari PDAM terutama para RW 05, RW 07, RW 08, RW 10.

Di desa Mekarsari juga terdapat masalah sosial yaitu banyaknya urbanisasi yang dilakukan oleh tenaga muda desa yang sebenarnya kompeten mereka sangat dibutuhkan untuk mengembangkan desa Mekarsari.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download Profil Desa Mekarsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>